Skip to main content

Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain


Halo anima belajar, kali ini kita akan masuk pada sesi 1 dimana Sahabat Anima akan Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain dan diharapkan dapat melakukan kegiatan membuat desain grafis tingkat dasar dengan baik dan benar. 

Jadi bagi kamu yang ingin dapat memahami materi pada sesi ini, Sahabat Anima menyajikan berbagai aktivitas seperti membaca materi, melakukan diskusi di google classroom, menyelesaikan latihan praktik, serta mengikuti live session dan menjawab beberapa latihan soal melalui google form.

Deskripsi Singkat Uraian Materi Pada Sesi 1

Anima belajar akan menyajikan beberapa Materi dengan acuan  pada Kompetensi Dasar pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis sebagai Berikut:

3.1  Sahabat anima mampu untuk mengulas  unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur dan ruang pada komposisi desain grafis.

4.1  Sahabat anima  mampu untuk  meletakkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur dan ruang pada komposisi dedain grafis.

3.2   Sahabat anima mampu untuk mengulas fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB Pada Dasar Desain Grafis.
4.2 Sahabat anima mampu meletakkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB Pada Dasar Desain Grafis.

3.3   Sahabat anima mampu untuk mengulas prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni pada saat mendesain grafis
4.3 Sahabat anima mampu Mengaplikasikan hasil prinsip- prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni pada saat mendesain grafis

Yang mana Topik ini juga Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain yang dikembangkan dari  unit kompetensi keahlian Multimedia sesuai skema KKNI Level IV Kompetensi Keahlian Multimedia yang harus dipelajari oleh sahabat anima. 

Dalam materi ini terdiri dari 2 (DUA) kegiatan pembelajaran utama, yaitu:
1. Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain
2. Elemen dan Prinsip-Prinsip Desain 

Tujuan Pembelajaran
A.Tujuan Umum
Setelah mempelajari materi  ini sahabat animabelajar  diharapkan  mampu menyusun sebuah laporan akhir sesuai sesi ini.

B.Tujuan Khusus
Adapun tujuan mempelajari unit kompetensi melalui buku informasi Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain ini guna memfasilitasi Sahabat Anima sehingga pada akhir diklat diharapkan memiliki kemampuan dalam sejarah seni rupa dan desain, dan  mengkomunikasikan pemahamannya secara jelas

Materi Pembelajaran
Silahkan Sahabat Anima mempelajari materi ini dengan download link berikut Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain

Penugasan Praktik
Pada Tugas Praktik Sesi 1  Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain,  Silahkan sahabat anima mengunduh file Buku Kerja dan kerjakanlah Tugas Praktik 1  dengan memperhatikan keselamatan kerja. 

Dokumentasikan proses pengerjaan dan hasil  praktik dalam bentuk foto atau video dalam bentuk laporan tugas praktik .
•Jika dalam bentuk foto dimasukkan dalam laporan, foto mewakili keseluruhan proses
•Jika dalam bentuk video berupa share link hasil upload di google drive .

Untuk Format Laporan prkatik dapat diunduh di sini : Format Laporan Tugas Praktik
Dan jangan lupa Unggahlah file laporan tersebut di link google classroom masing-masing. (File maksimum 2 MB).

Untuk memudahkan sahabat anima dalam mengerjakan tugas praktik ini silahkan melihat hasil video berikut sebagai gambaran awal


Latihan Soal
Untuk Menambah pengetahuan sahabat anima Kerjakanlah soal latihan berikut ini melalui aplikasi google form dan Soal berupa pilihan ganda yang terdiri dari 10 soal.
Latihan Soal Sesi 1. Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar