Skip to main content

SAAT HAMIL, INILAH 6 TIPS TRAVELING YANG WAJIB DILAKUKAN!!!


Nah bagi para ibu hamil yang ingin melakukan perjalanan yang jauh, sebaiknya Ibu lebih memperhatikan kondisi kesehatan yah.. Pasalnya ketika sedang hamil banyak sekali kendala yang akan dihadapi. Untuk itu benar-benar diperhatikan agar kondisi janin didalam kandungan tetap terjaga sampai dengan tibanya proses persalinan.

Perlu ibu ketahui, waktu traveling yang sangat baik umumnya dilakukan pada waktu antara minggu ke 14 dan minggu ke 28, karena pada pertengahan kehamilan biasanya lebih mudah untuk melakukan aktivitas sebab energi telah kembali dan morning sickness sudah hilang di masa ini.

Namun ibu perlu lebih memperhatikan bila kondisi kehamilan ibu mengalami kondisi khusus seperti ketuban pecah sebelum persalinan, persalinan prematur dan preeklampsia. Hal ini sangat dilarang, bahkan jika ibu hamil dengan lebih dari satu janin juga sebaiknya hindarilah traveling.

Marilah Para Ibu saat hamil, inilah 6 tips traveling yang wajib dilakukan!!! antara lain :

1. MENDAPATKAN VAKSIN

Bila ibu ingin pergi traveling ketempat-tempat yang beresiko, sebaiknya lakukanlah vaksin terlebih dahulu seperti tetanus, difteri, pertusis, hepatitis A dan hepatitis B. Bahkan vaksin influenza juga wajib didapatkan karena influenza yang terjadi pada ibu hamil dapat menjadi penyakit yang serius lho.

Ibu harus ingat bahwa tidak semua vaksin aman untuk digunakan, karena vaksin seperti rubela, campak, gondong, cacar air tidak disarankan untuk ibu hamil karena tidak dianggap aman untuk janin ibu.

2. KONSULTASI DENGAN DOKTER KANDUNGAN

Ini adalah tips utama yang disarankan bagi ibu hamil sebelum melakukan traveling, ibu wajib memastikan bahwa kehamilan berkembang tanpa komplikasi dan plasenta tidak menutupi serviks.

3. MEMBAWA SANITIZER

Ibu hamil mudah sekali terserang virus yang dapat menyebar dengan cepat shingga bisa menyebabkan mual dan muntah. Untuk itu disetiap kondisi sebaiknya cucilah tangan terlebih dahulu karena itulah cara terbaik untuk menghindari kuman, jadi ibu dapat menggunakan hand sanitizer yang juga dapat membantu menangkal kuman.

4. MEMBAWA CAMILAN SEHAT

Bagi Ibu hamil yang akan melakukan traveling, sebaiknya menyiapkan camilan sehat yang akan dibawa saat traveling seperti yoghurt, sereal gandum, kacang-kacangan, buah dan juga camilan sehat lainnya. Dan jika bertraveling sebaiknya minumlah air botolan, hindari salad serta buah dan sayuran mentah lainnya.

5. PENUHI CAIRAN TUBUH

Ini adalah tips selanjutnya yang wajib dilakukan yaitu penuhi kebutuhan cairan tubuh agar tubuh tetap terhidrasi, sehingga ibu hamil akan terhindar dari pembengkakan tangan, kaki dan juga dapat mencegah pembekuan darah lho.

Ibu juga dapat meminum air dan juga jus buah guna menghindari pembengkakan di saluran hidung dimana gejala kehamilan yang disebabkan oleh hormon yang dapat membuat ibu merasa pengap setiap hari.

6. MEMILIH TEMPAT DUDUK YANG NYAMAN

Hal penting yang wajib ibu hamil ketahui adalah bahwa ibu hamil memiliki resiko tinggi untuk mengalami pembekuan darah, jadi hindarilah duduk diam terlalu lama. Carilah tempat duduk yang nyaman agar setiap setangah jam bila memungkinkan ibu dapat bangun dan berjalan- jalan dan juga  meregangkan tubuh.

Itulah beberapa tips yang wajib ibu hamil lakukan saat hendak traveling, ibu harus menjaga kondisi janin dan kondisi ibu sendiri agar ketika melalukan traveling terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar