Skip to main content

7 JENIS MAKANAN SEHAT YANG DAPAT MENCEGAH KANKER USUS


Kanker usus adalah salah satu penyakit yang sangat mematikan dan cenderung tidak menyebabkan gejala kesehatan yang jelas sehingga dapat di deteksi ketika kondisi penyakit tersebut sudah sangat parah.

Kasus penyakit kanker usus di Indonesia masih tergolong tinggi, dan dihasilkan fakta bahwa kanker usus bertanggung jawab pada 9,5% kematian dari seluruh total kasus kanker yang ada di Indonesia.

Penyakit ini memang sering  disebut sebagai penyakit yang selalu menyerang lansia namun faktanya 30% kasus kanker usus di Indonesia menyerang mereka yang berusia kurang dari 40 tahun.

Untuk itu sebaiknya kita harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah datangnya Penyakit ini ke dalam tubuh kita.

Dengan begitu Anda dapat mengkonsumsi jenis makanan sehat yang dapat mencegah kanker usus antara lain :

1. GANDUM UTUH

Gandum utuh Biasanya dikemas dengan nutrisi dan juga merupakan sumber magnesium dan serat yang sangat baik untuk mencegah kanker. Jadi anda dapat mencoba makan gandum utuh sebanyak 90 gram setiap hari makan roti gandum, beras merah, oatmeal  karena  nutrisinya Dapat membuat pergerakan feses lancar dalam saluran pencernaan.  Selain Itu dapat mendorong senyawa penyebab kanker di usus besar.

2. MAKANAN YANG MENGANDUNG ASAM FOLAT

Fakta membuktikan bahwa jika Anda rutin mengkonsumsi Makanan  tinggi folat maka dapat menurunkan resiko  terkena kanker usus hingga 52%. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung folat seperti jeruk dan sayur berdaun hijau terutama buncis dan bayam. Selain itu makanan yang bisa menyediakan nutrisi asam folat adalah kacang kacang.

3. IKAN

Ikan dikenal sebagai makanan yang bisa membuat cerdas namun ternyata ikan juga bisa dijadikan makanan pencegah kanker usus loh, dibandingkan dengan daging merah atau daging sapi  ternyata ikan sangat jauh lebih sehat bila dikonsumsi. Karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalam ikan maka kandungan ini dipercaya mampu mencegah datangnya kanker usus, namun  anda harus menghindari ikan laut yang tinggi kandungan merkuri yah.

4. SUSU

Susu dan berbagai jenis produk turunannya seperti Yogurt  bisa menurunkan risiko kanker usus dengan signifikan loh, tersebut disebabkan karena kandungan kalsium tinggi di dalamnya masa perkembangan sel-sel tidak normal bisa dilawan.

5. BAWANG PUTIH DAN BAWANG MERAH

Penelitian menyatakan bahwa denga mengkonsumsi bawang merah, bawang putih atau bisa juga mengkonsumsi daun bawang sebanyak 50 gram maka dapat mengurangi risiko kanker usus besar, dan faktanya nya bila anda mengkonsumsi bawang dalam jumlah tinggi maka kemungkinan terkena kanker kolorektal sekitar 79% lebih rendah dibandingkan yang mengkonsumsi bawang dalam jumlah sedikit.

6. BUAH DAN SAYUR

Nah semua orang juga pasti tidak mengetahui bahwa buah dan sayur memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, hal tersebut dikarenakan  kandungan fitokimia yang bisa menghambat perkembangan kanker dan juga dapat melawan peradangan yang muncul di dalam tubuh. Namun anda  tidak boleh mengkonsumsi yang kalengan atau jus kemasan, konsumsilah buah dan sayur yang masih segar.

7. MAKANAN MENGANDUNG VITAMIN D

Disini dianjurkan Anda dapat mengkonsumsi makanan pencegah usus yang mengandung vitamin D seperti jamur, udang, salmon, tuna, kuning telur, dan makanan lainnya.  Hal tersebut dikarenakan kadar vitamin C yang tinggi di dalam darah terkait dengan risiko kanker usus yang lebih rendah.

Itulah beberapa jenis makanan sehat yang dapat anda konsumsi agar anda terhindar dari penyakit berbahaya yaitu kanker usus.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar