Skip to main content

WASPADA!!! 7 PENYEBAB PUTING PAYUDARA GATAL


Rasa gatal pada payudara bisa di alami oleh siapapun, namun yang sering merasakan gatal pada payudara adalah para wanita. Meskipun rasa gatal menyerang pada payudara, sebaiknya Anda lebih berhati-hati menggaruknya karena dapat berisiko merusak kulit di area payudara.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan puting payudara Anda gatal, jadi Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya agar Anda dapat mengatasi rasa gatal tersebut.

Anda harus waspada!!! 7 penyebab puting payudara gatal antara lain :

1. KEHAMILAN

Bila Anda hamil, banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh Anda dan salah satunya meningkatnya aliran darah ke jaringan susu yang membuat payudara semakin membesar sehingga derasnya aliran darah pada payudara menyebabkan puting susu gatal, muncul rasa nyeri dan menjadi lebih sensitif. Jadi sebaiknya gunakanlah bra yang tidak terlalu ketat agar tidak mengganggu aliran darah.

2. INFEKSI JAMUR

Ibu menyusui atau Anda yang tidak segera ganti pakaian atau mandi ketika mengalami keringat berlebih maka akan mudah terserang infeksi jamur dimana gejala yang muncul seperti puting kering, puting gatal, kemerahan dan rasa nyeri. Jadi Anda harus menjaga payudara agar tetap kering sehingga dapat terhindar dari infeksi jamur.

3. UDARA DINGIN

Ini adalah penyebab yang tidak disadari yaitu udara dingin yang membuat payudara gatal, hal ini dikarenakan udara dingin dan kering bisa menyebabkan rasa gatalpada tubuh dan tak terkecuali pada puting susu apalagi bila disertai dengan keringat maka rasa gatal tersebut semakin parah lho.

4. KANKER PAYUDARA

Kanker payudara adalah salah satu penyakit berbahaya yang umumnya terjadi pada wanita dan ciri terkena kanker payudara salah satunya adalah puting terasa gatal. Selain itu gejala terkena kanker payudara adalah benjolan dipayudara, perubahan kulit puting, keluarnya cairan dari puting dan puting menjadi rata atu tertarik.

5. MENOPAUSE

Saat memasuki masa menopause tubuh wanita tidak lagi memproduksi hormon estrogen dimana hormon ini mempunyai peran merangsang produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit dan kelembabannya. Inilah penyebab payudara wanita yang sudah menopause menjadi lebih kering, tipis dan mudah teriritasi.

6. EKSIM

Eksim adalah penyebab yang sering terjadi yang membuat puting payudara gatal, dan eksim bisa disebabkan oleh faktor genetik maupun pengaruh lingkungan seperti gesekan pakaian maupun bahan kimia pada produk perawatan kulit.

7. MASTITIS

Mastitis adalah peradangan di payudara dimana kondisi puting payudara gatal yang dialami oleh ibu menyusui, dan kondisi ini bisa terjadi akibat jaringan payudara terinfeksi bakteri atau penyumbatan saluran air susu.

Nah itulah beberapa penyebab payudara gatal, sebaiknya Anda ketahui dulu penyebabnya agar Anda dapat mengobati dan mengatasi rasa gatal tersebut. Bila Anda tidak nyaman dengan kondisi tersebut sebaiknya segara periksakan ke dokter.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar