Skip to main content

SELAIN KOPI INILAH 6 MAKANAN SUMBER KAFEIN


Kafein selalu identik dengan kopi, dan kopi memiliki kandungan kafein yang dapat menambah semangat sekaligus mampu menghilangkan rasa kantuk. Namun pakar menyebutkan ada beberapa makanan dan minuman lainnya yang memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi.

Jadi bila Anda mengalami gangguan asam lambung tinggi atau perut kembung ketika mengkonsumsi kopi, Anda tidak perlu khawatir karena ada makanan dan minuman lainnya yang menyediakan asupan kafein yang dapat Anda konsumsi selain kopi.

Mari Kita baca selain kopi inilah 6 makanan sumber kafein antara lain :

1. ES KRIM

Es krim adalah minuman atau makanan yang memiliki kandungan kafein yang sedikit, namun walaupun sedikit tetap mampu membuat tubuh  menjadi lebih segar dan berenergi lho. Walaupun tidak semua es krim memiliki kandungan kafein.

2. COKELAT HITAM

Kadar kafein pada cokelat hitam cukup rendak sekitar 20 miligram saja untuk setiap batang, namun makanan ini bila dikonsumsi secara rutin akan memberikan dampak positif bagi tubuh menjadi lebih sehat dan lebih bugar. Dan kebanyakan orang senang mengkonsumsi makanan ini karena rasanya yang manis dan bisa memberikan rasa nyaman bila mengkonsumsinya.

3. TEH

Minuman ini sudah terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi karena dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks, namun banyak orang yang tidak mengetahui bahwa bila Anda mengkonsumsi teh hijau ataupun teh hitam maka setiap cangkirnya Anda akan memperoleh kafein sebanyak 30 miligram. Selain rasanya yang  nikmat tidak kalah dengan kopi, manfaat kesehatan lainnya juga cukup tinggi lho.

4. KUACI

Ini adalah makanan yang memiliki rasa gurih, dan jika mengkonsumsinya maka enggan untuk berhenti mengunyah apalagi bila makan ketika mengobrol ataupun menonton tv. Kuaci adalah salah satu camilan yang baik dan sehat, dan tidak ada yang menduga bahwa kuaci memiliki kafein walaupun cuma sedikit.

5. MINUMAN ENERGI

Minuman ini biasanya dikonsumsi oleh orang yang bekerja menggunakan tenaganya seperti supir kendaraan jarak jauh ataupun buruh, dengan mengkonsumsi minuman ini dapat menambah energi tambahan dan juga dapat melawan rasa kantuk. Namun jangan mengkonsumsi minuman ini secara berlebihan, karena kandungan gulanya cukup tinggi sehingga dapat membuat Anda terkena diabetes dan kenaikan berat badan.

6. PROTEIN BAR

Anda pasti belum pernah mengetahui makanan ini, karena memang makanan ini tidak populer di Indonesia. Namun camilan ini memiliki 50 miligram kafein lho untuk setiap batangnya, dan ketika mengkonsumsi makanan ini Anda akan merasakan sensasi lebih berenergi setelah mengkonsumsinya.

Inilah beberapa jenis makanan dan minuman yang memiliki sumber kafein selain kopi, jadi bila Anda tidak suka atau tidak tahan minum kopi, Anda dapat memilih jenis makanan dan minuman diatas sebagai sumber kafein.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar