Skip to main content

IBU WAJIB TAHU 7 MANFAAT CERITA DONGENG UNTUK ANAK


Dahulu sebelum anak tidur, kebanyakan orangtua biasanya menceritakan sebuah dongeng sebagai penghantar tidur anak. Namun di zaman sekarang, kegiatan menceritakan dongeng pada anak sudah berkurang bahkan telah hilang dikarenakan anak zaman sekarang lebih asyik nonton tv apalagi mereka lebih senang memainkan smarthphone.

Sebenarnya tradisi mendongeng pada anak banyak sekali manfaatnya, terutama akan terjalin komunikasi dan ikatan yang sangat kuat antara orangtua dan anak, sehingga anak akan merasa nyaman bila dekat dengan orangtuanya.

Selain itu ibu wajib tahu 7 manfaat cerita dongeng untuk anak antara lain :

1. MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK

Dengan menceritakan sebuah dongeng pada anak dapat memainkan peran penting dalam pengembangan literasi dini dimana hal ini berperan penting dalam kemampuan membaca dan menulis. Dan penelitian mengungkapkan bahwa membacakan dongen secara rutin kepada anak dapat membantu mengumpulkan kosakata anak.

2. MEMBANGUN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK

Anak-anak perlu dilatih bahwa hal-hal buruk dapat terjadi pada semua orang, jadi dengan menbacakan dongeng dapat membantu anak mengembangkan ketahanan emosional, dan dengan membantu anak menghubungkan cerita dengan kehidupan nyata dimana sebagian besar pahlawan menang.

Nah cerita seperti itulah orangtua dapat menunjukkan kepada anak bahwa semua orang pasti akan melewati permasalahan hidup dan mereka harus yakin dan percaya dapat melewatinya dan berhasil dalam hidup.

3. MENGASAH DAYA PIKIR

Bila Anda mendongeng pada anak maka dapat mengasah daya pikir dan juga mengasah imajinasi anak lho, karena anak dapat membentuk visualisasinya sendiri dari cerita yang didengarkan dari dongeng. Dengan begitu anak dapat membayangkan tokoh-tokoh dan situasi yang muncul didalam dongeng tersebut sehingga dapat melatih kreativitas dengan sendirinya.

4. MENGAJARKAN ANAK BERPIKIR POSITIF

Manfaat lainnya dari mendongeng adalah dapat menunjukkan kepada anak-anak bagaimana cara memiliki pandangan positif di tengah-tengah perkelahian, kecemasan, dan permasalahan hidup dengan begitu mendongeng juga mengajarkan anak dalam keterampilan berpikir kritis.

5. MENGURANGI KECEMASAN

Mendongeng adalah salah satu cara terbaik untuk menenangkan pikiran dan tubuh anak, jadi sebelum tidur para orangtua bisa membacakan cerita dongeng dengan lampu redup dan suasana yang tenang sehingga setelah itu anak dan orang tua pasti dapat tidur dengan nyenyak.

6. MENUMBUHKAN MINAT BACA

Anak pasti akan tertarik dengan dongeng yang di ceritakan oleh orangtuanya, dengan begitu langkah awal untuk menumbuhkan minat baca adalah dengan membaca buku dongeng. Setelah itu anak akan tertarik  membaca buku lainnya seperti buku pengetahuan, buku agama, dan sebagainya.

7. MELATIH ETIKA DAN EMPATI ANAK

Sebaiknya orangtua mendongeng dengan tokoh yang diharapkan dapat menjadi contoh atau tauladan bagi anak, agar anak dapat mencontoh hal-hal yang baik yang dilakukan tokoh tersebut. Sehingga dengan begitu rasa etika dan empati yang diperankan oleh tokoh tersebut dapat diserap dengan baik oleh anak-anak.

Demikianlah beberapa manfaat mendongeng untuk anak sebelum tidur, semoga tradisi mendongeng tidak hilang agar minat baca anak semakin tinggi dan anak tidak terpaku terus dengan bermain smarthphone.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar