Skip to main content

8 MANFAAT TELUR PUYUH BAGI KESEHATAN TUBUH


Telur puyuh berasal dari telur burung puyuh, dan bentuknya yang mungil namun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh karena telur puyuh mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi didalamnya.

Selain itu terdapat nutrisi lain didalamnya seperti protein, vitamin A, vitamin B, dan asam amino yang mempunyai khasiat ampuh bagi kesehatan tubuh lho.

Nah inilah 8 manfaat telur puyuh bagi kesehatan tubuh antara lain :

1. PENAMBAH STAMINA

Protein yang terkandung dalam 5 butir telur puyuh setara dengan kandungan protein dalam 1 butir telur ayam, yaitu mengandung sekitar 6 gram protein. Dan karena protein didalamnya menjadikan telur puyuh berkhasiat untuk menambah massa otot dan manambah stamina tubuh.

2. MENURUNKAN TEKANAN DARAH

Bagi Anda penderita hipertensi, telur puyuh adalah salah satu makanan sehat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh. Didalam telur puyuh terkandung kalium yang berperan sebagai vasodilator guna memperlebar pembuluh darah sehingga sirkulasi darah berjalan lancar dan tekanan darah tetap stabil.

3. MENINGKATKAN KESUBURAN

Zat penting seperti zinc, protein, dan fosfor didalam telur puyuh dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma, jadi bila Anda ingin merencanakan kehamilan, rutinlah mengkonsumsi makanan ini yah.

4. MENCEGAH ANEMIA

Bila Anda memiliki jumlah hemboglobin yang kurang, maka Anda akan terserang anemia karena hemoglobin bertugas untuk mendistribusikan darah dari paru-paru keseluruh tubuh. Nah disini telur puyuh adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan zat besi terbaik karena zat besi sangat berperan penting dalam produksi hemoglobin, dengan begitu Anda akan terhindar dari anemia.

5. MEMPERLAMBAT PENUAAN

Riset membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi telur puyuh bisa untuk memperlambat penuaan dini, hal ini disebabkan kandungan zat lutein yaitu antipenuaan didalam telur puyuh menjadi faktor utama dari khasiat telur puyuh.

6. MENJAGA KESEHATAN GIGI

Zinc yang terdapat dalam telur puyuh, sudah terbukti mampu merawat kesehatan gigi dan juga dapat mengatasi masalah bau mulut lho. Selain itu, zinc pada telur puyuh juga mampu mengingkatkan kesuburan, membantu pembentukan sel dan meningkatkan sistem imun tubuh.

7. MENJAGA KESEHATAN MATA

Telur yang satu ini kaya akan vitamin A dan vitamin B, yang membuat fungsi mata selalu optimal dan membuat mata terhindar dari berbagai penyakit mata seperti katarak dan kornea rusak.

8. MENCEGAH ALERGI

Lain dengan telur ayam yang bisa membuat alergi, justru dengan mengkonsumsi telur puyuh bisa mencegah atau mengatasi alergi karena kandungan senyawa ovomucoid nya berfungsi mengatasi gejala alergi yang timbul.

Itulah beberapa manfaat dari telur puyuh, walapun telur puyuh sangat bermanfaat namun Anda tetap harus menyeimbanginya dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang lainnya yah sahabat anima.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar