Skip to main content

8 MANFAAT DAUN SALAM BAGI KESEHATAN


Anda pasti tahu apa itu daun salam??? apakah Anda sudah pernah mencobanya?? Daun ini biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan, dan ternyata daun salam memiliki banyak sekali manfaat yang dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit yang menyerang tubuh lho.

Kandungan yang terdapat didalam daun salam seperti serat, tannin, niasin, serta vitamin C yang dapat menurunkan kadar trigliserida.  Jadi dengan kandungan senyawa didalam daun salam, sebaiknya Anda dapat mencobanya untuk dijadikan obat herbal.

Yuk lansung aja Kita baca 8 manfaat daun salam bagi kesehatan antara lain :

1. MENGOBATI ASAM URAT

Dengan meminum rebusan daun salam sebanyak 2x sehari maka Anda akan terhindar dari penyakit asam urat, karena daun salam dapat membantu mengurangi kadar asam urat.

2. MENCEGAH RISIKO BATU GINJAL

Ekstrak pada daun salam mampu mengurangi urase ( enzim yang jika berlebihan dapat menyebabkan gangguan, salah satunya resiko batu ginjal ) dalam tubuh Anda. Jadi daun salam juga mampu dipercaya dapat mencegah risiko batu ginjal lho.

3. MENGOBATI STRES

Daun salam memiliki kandungan linalool yang bisa membantu menurunkan hormon stres, jadi gunakanlah daun salam kering dan seduhlah menjadi teh. Bila Anda murai merasa gelisah, lelah, maupun panik Anda bisa menghirup aroma teh tersebut.

4.  MENCEGAH KANKER

Anda harus rajin dan teratur mengkonsumsi ekstrak daun salam, karena dengan begitu antioksidan yang terdapat dalam daun salam akan membantu mencegah tumbuh dan berkembangnya sel kanker.

5. MEMUTIHKAN GIGI

Siapkan 7 lembar daun salam yang sudah dikeringkan, lalu hancurkan daun salam dan campurkan dengan bubuk jeruk lemon. Nah ramuan inilah yang bisa Anda gunakan untuk menggosok gigi Anda dengan sikat gigi maka gigi Anda akan menjadi lebih putih dan mulut Anda juga akan terasa lebih sehat.

6. MENGOBATI BATUK

Bila Anda terserang batuk yang tak kunjung sembuh, Anda dapat mencoba ramuan dari daun salam dengan cara merebus 2 lembar daun salam dengan segelas air, setelah itu dinginkan selama 10 menit, kemudian rendam kain pada air tersebut lalu usapkan kain tersebut pada dada. Nah cara ini dapat dipercaya mampu mengobati batuk lho.

7. MENGATASI MENSTRUASI

Anda dapat mengkonsumsi rebusan daun salam atau teh daun salam, karena manfaat dari rebusan daun salam dapat mengatasi menstruasi yang tidak teratur menjadi teratur dan normal. Selain itu rebusan daun salam juga dapat menyembuhkan keputihan.

8. MENYEHATKAN RAMBUT

Gosoklah rebusan daun salam yang telah didinginkan  pada kulit kepala setelah keramas, dengan begitu bahan kimia dan bahan yang mudah menguap di daun salam dapat membantu menghilangkan ketombe dan meningkatkan kesehatan folikel rambut.

Itulah beberapa manfaat dari daun salam, namun ada juga efek samping dengan mengkonsumsi daun salam yang harus Anda ketahui jadi sebaiknya jika Anda menerima efek samping menggunakan daun salam, langsung segera periksakan kedokter.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar