Skip to main content

7 MANFAAT DAHSYAT DAUN SELEDRI UNTUK KESEHATAN TUBUH


Anda pasti sudah kenal dengan daun seledri, ini adalah salah satu jenis sayuran yang rendah kalori dan tinggi serat yang memiliki berbagai macam kandungan seperti vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran ini biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan, dan biasanya dapat dinikmati dalam keadaan segar maupun dimasak.

Ternyata daun seledri memiliki banyak sekali manfaat lho, dan tidak hanya daunya saja ternyata akar, batang, buah dan biji seledri pun dapat digunakan sebagai obat.

Langsung aja mari Kita baca 7 manfaat dahsyat daun seledri untuk kesehatan tubuh antara lain :

1. MENCEGAH INFEKSI SALURAN KEMIH

Bagi Anda yang memiliki penyakit infeksi saluran kemih, dimana infeksi ini terjadi pada organ yang berada pada saluran kemih mulai dari ginjal hingga uretra. Anda dapat mengkonsumsi daun seledri sebagai obat diuretik yang memiliki pengaruh terhadap pencegahan infeksi saluran kemih, karena seledri dapat membantu merangsang produksi urin.

Namun Anda  harus banyak mengkonsumsi air putih juga untuk menyeimbangi agar tidak terjadi infeksi.

2. MENJAGA KESEHATAN HATI

Dengan mengkonsumsi seledri dapat menurunkan kadar lemak dalam hati, jadi Anda dapat dengan rutin mengkonsumsi seledri karena ini adalah salah satu sayuran yang mendukung organ hati agar dapat berfungsi dengan baik.

3. MEMBANTU MENURUNKAN BERAT BADAN

Seledri memiliki kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi,namun kaya akan nutrisi nah hal inilah yang membuat seledri menjadi salah satu makanan alternatif untuk menurunkan berat badan. Dan Anda tidak perlu khawatir terkena malnutrisi, karena kandungan vitamin dan mineral didalamnya cukup tinggi.

4. MERINGANKAN NYERI SENDI

Sifat antiinflamasi pada daun seledri dapat membantu meringankan gejala radang sendi, asam urat hingga rematik lho. Tidak hanya daunnya saja, batangnya pun dapat bertindak sebagai obat diuretik yang di percaya mampu menyembuhkan penyakit asam urat.

5. MENURUNKAN TEKANAN DARAH

Bila Anda mengkonsumsi rebusan daun seledri salah satunya didapatkan dari kandungan kalium yang ada didalamnya adalah dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor resiko penyakit kardiovaskular, dan dengan mengkonsumsi daun seledri dapat menurunkan kedua faktor tersebut.

6. ANTIKANKER

Kandungan antioksidan didalam daun seledri dapat menjaga organ tubuh dapat bekerja dengan baik, selain itu antikoksidannya juga mampu mencegah kerusakan sel tubuh yang menjadi pemicu kanker.

7. MENCEGAH GIGITAN NYAMUK

Ekstrak daun seledri bila digunakan pada kulit berguna untuk mengusir gigitan nyamuk hingga 4 jam lamanya, walaupun tidak berbahaya tapi gigitan nyamuk dapat menimbulkan gatal dan ketidaknyamanan.

Itulah beberapa manfaat daun seledri yang harus Anda ketahui, jadi Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung maupun dimasak dan yang paling hits sekarang daun seledri dibuat jus untuk diminum.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar