Skip to main content

7 MANFAAT BIJI PEPAYA UNTUK KESEHATAN TUBUH


Kebanyakan orang  hanya mengkonsumsi buah pepaya namun membuang bijinya, Pasti Anda tidak mengetahui berbagai khasiat yang sangat ampuh pada biji pepaya dan penyakit berbahaya pun dapat di cegah dengan biji buah ini.

Nah Anda perlu tahu bahwa kandungan di dalam biji pepaya adalah flavonoid dan polifenol dan kedua senyawa ini merupakan senyawa alami yang berfungsi sebagai antioksidan. Anda juga tidak boleh melewatkan kandungan lainnya yaitu serat dan dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat  dan tekanan darah pada tubuh.

Inilah 7 manfaat biji pepaya untuk kesehatan tubuh antara lain :

1. MELANCARKAN SALURAN PENCERNAAN

Tidak hanya buahnya saja yang mempunyai khasiat untuk melancarkan pencernaan, namun biji pepaya pun ternyata mampu menyehatkan pencernaan dan hal tersebut dikarenakan biji pepaya mengandung enzim antibakteri yang dapat melawan racun yang membahayakan saluran pencernaan.

2. MELAWAN INFEKSI

Infeksi yang di sebabkan oleh jamur dan parasit tertentu juga dapat dilawan oleh biji pepaya, dan Anda dapat mengkonsumsi biji pepaya di campur dengan madu maka cara ini dapat menghilangkan parasit yang berada pada usus sehingga kerja usus menjadi lancar.

3. MENGOBATI INFLAMASI

Kandungan enxim papain dan chymopapain dalam biji pepaya mampu mengurangi inflamasi yang terkait dengan beberapa masalah kesehatan seperti asma, nyeri sendi, asam urat dan arthritis.

4. MENJAGA KESEHATAN HATI

Anda dapat mengkonsumsi biji pepaya selama 2x sehari sebulan penuh agar organ hati Anda menjadi sehat, dengan cara menumbuk 6 biji pepaya dengan tambahan makanan dan minuman. Dengan begitu dapat menyembuhkan kerusakan hati yang kronis lho, selain itu juga mampu menjadi agen detoks bagi organ hati.

5. MENCEGAH KANKER

Bila Anda rutin mengkonsumsi biji pepaya maka kandungan phytonutrient isothiocyanate nya mampu menurunkan resiko kanker dengan signifikan dan hal ini membuat Anda lebih baik dalam mencegah kanker prostat dan kanker payudara.

Selain itu, kandungan likopen nya dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker.

6. MENGATASI NYERI OTOT

Dengan mengkonsumsi satu sendok biji pepaya setiap hari, maka Anda dapat mengatasi masalah nyeri otot karena biji pepaya mengandung enzim  anti inflamasi yang dapat menurunkan penyakit nyeri otot.

7. MENJADI KONTRASEPSI ALAMI

Bagi Anda yang sedang mejalani program hamil, sebaiknya menghindari buah pepaya begitu juga bijinya. Tidak hanya itu, ibu menyusui pun dilarang untuk mengkonsumsi biji pepaya  karena sifat anti parasit didalamnya sangat kuat sehingga beresiko melukai saluran cerna anak.

Hal ini dikarenakan buah pepaya dan bijinya telah lama digunakan untuk mengontrol tingkat kesuburan dan ini adalah salah satu cara alami yang dapat Anda coba untuk mengendalikan kehamilan.

Demikilah manfaat biji pepaya yang harus Anda ketahui jadi Anda tidak lagi membuang biji pepaya karena khasiat yang didapat sangat banyak.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar