Skip to main content

7 MAKANAN YANG DIANJURKAN UNTUK PENDERITA VERTIGO


Penyakit ini umumnya terjadi karena gerakan kepala yang tiba-tiba sehingga memberikan efek sakit kepala berputar-putar yang luar biasa. Bila Anda mengalami sakit vertigo, sebaiknya Anda mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dinilai dapat meringankan gejala vertigo.

Anda harus berhati-hati dalam memilih makanan, karena apa yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Terutama pada penderita vertigo makanan tertentu mungkin akan dapat memicu atau mengurangi gejala penyakit tersebut.

Nah untuk mengurangi resiko dan gejala vertigo, inilah 7 makanan yang dianjurkan untuk penderita vertigo antara lain :

1. KACANG ALMOND

Ini adalah makanan yang mampu di percaya untuk dapat mengurangi efek pusing pada penderita vertigo karena kandungan yang terdapat didalamnya seperti antioksidan, asam lemak omega 3, dan vitamin A,B,E.

Namun Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis gejala vertigo apa yang Anda alami, karena bila Anda terserang gejala vertigo vertibular maka Anda harus menghindari makanan berjenis kacang-kacangan apapun yah.

2. MAKANAN KAYA AKAN VITAMIN B12

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti daging, telur, susu, ikan  dan produk susu olahan. Selain itu Anda juga dapat memperoleh asupan vitamin B12 dari produk hewani dan serial kompleks, karena bila Anda kekurangan vitamin B12 maka akan menyebabkan gangguan syaraf, masalah neurologis, tekanan darah dan juga gangguan aliran darah ke otak yang memicu vertigo.

3. MAKANAN KAYA AKAN VITAMIN C

Vitamin C banyak terkandung didalam sayuran hijau, selain itu makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi vitamin C ada pada tomat, brokoli, blewah, paprika, jeruk dan juga buah berry. Anda harus memenuhi tubuh Anda dengan vitamin C karena dengan begitu sistem imun akan meningkat, tubuh dapat melawan penyakit kardiovaskular dan yang paling utama dapat meredakan penyakit vertigo.

4. MADU DAN CUKA SARI APEL

Madu dan cuka sari apel di percaya mampu meringankan aliran darah ke otak karena sifat kuratifnya, sehingga dua bagian madu dan satu baigan cuka apel dapat membantu mencegah dan mengobati gejala vertigo. Namun disini Anda harus berhati- hati karena cuka apel memiliki kandungan asam yang sangat kuat sehingga dapat menyebabkan masalah gigi, pencernaan, tenggorokan hingga masalah lambung.

5. AIR PUTIH

Ini adalah cara yang paling mudah untuk mengatasi gejala vertigo, cukup konsumsi air putih setiap hari dan Anda harus menjaga diri agar tetap terhidrasi agar aliran darah dan oksigen ke otak selalu lancar.

6. TEH JAHE

Anda dapat merebus akar jahe hingga mendidih, lalu saring airnya dan Anda bisa mencampurkan madu kedalamnya. Konsumsilah minuman ini 2x sehari agar sensasi berputar dan pusing karena vertigo dapat reda, karena minuman ini lebih ampuh dari terapi vertigo manuver epley.

7. GINKGO BILOBA

Sebuah penelitian menyatakan bahwa ginkgo biloba memiliki efektivitas yang sama dengan betahistine yaitu obat vertigo, sehingga ginkgo biloba dipercaya mampu meredakan gejala vertigo lho.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengurangi gejala vertigo, namun Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter untuk obat vertigo yang tepat yah.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar