Skip to main content

7 HAL YANG MENYEBABKAN GIGI BERLUBANG


Area gigi yang rusak secara permanent di permukaan keras gigi dinamakan gigi berlubang, dan salah satu penyebabnya sakit gigi di karenakan oleh gigi yang berlubang dan konsidi ini adalah masalah yang gigi paling umum di dunia.

Gigi yang berlubang dapat terjadi karena kerusakan gigi yang terjadi dan berkembang untuk waktu yang lama, dan banyak sekali faktor yang dapat membuat gigi menjadi berlubang.

Inilah 7 hal yang menyebabkan gigi berlubang antara lain :

1. MAKANAN ASAM

Makanan yang mengandung asam seperti buah jeruk atau lemon karena kandungan vitamin C dalam buah tersebut sangat tinggi, jadi dapat mengikis enamel gigi yang berpotensi menyebabkan kerusakan gigi.

2. MULUT KERING

Bila mulut Anda kering, berarti jumlah air liur di dalam mulut Anda kurang dan air liur sendiri merupakan salah satu komponen yang melindungi gigi dari kerusakan dengan cara membersihkan makanan dan plak yang ada di gigi Anda.

Selain itu, air liur juga mengandung zat yang dapat melawan asam yang di produksi oleh bakteri yang dapat merusak enamel gigi.

3. KONSUMSI ALKOHOL

Tidak hanya masalah kesehatan saja bila Anda mengkonsumsi alkohol, ternyata mengkonsumsi alkohol dapat membuat mulut kering dan kurangnya air liur sehingga kondisi ini bisa membuat gigi Anda berlubang.

4. JARANG MENGGOSOK ATAU MEMBERSIHKAN GIGI

Ini adalah hal yang paling utama yang dapat menyebabkan gigi Anda mudah berlubang, jika Anda jarang atau malas untuk membersihkan gigi maka sisa makanan yang tertinggal di gigi akan membentuk plak yang menyebabkan berbagai masalah gigi maupun infeksi gigi lainnya yang akan membuat gigi berlubang dan sakit gigi.

5. MAKANAN MANIS

Gula bisa dengan cepat berubah menjadi plak, jadi bila Anda banyak mengkonsumsi makanan manis dapat meningkatkan potensi gigi berlubang. Apalagi bila Anda mengkonsumsi makanan manis yang dapat melekat pada gigi seperti susu, permen, kue, soda dan yang lainnya maka lebih berpotensi lebih besar menjadi penyebab gigi berlubang.

6. PLAK GIGI

Plak merupakan kumpulan dari air liur, asam, bakteri dan sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi, dan plak akan terbentuk di gigi sesaat setelah Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Dengan begitu cara yang efektif setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung gula adalah dengan menyika gigi setelah makan agar plak tidak bertahan lama di gigi.

7. GANGGUAN MAKAN

Anoreksia dan bulimia adalah gangguan makan yang dapat menjadi penyebab gigi berlubang, dan hal ini dapat mengganggu produksi air liur dan menyebabkan mulut kering. Gangguan makan bulimia dapat membuat penderitanya memuntahkan makanannya dan asam lambung dari muntah berulang ini dapat mengikis email gigi.

Nah itulah beberapa hal yang menyebabkan gigi berlubang, sebaiknya Anda rajin membersihkan gigi Anda dan rajin memeriksakan kondisi kesehatan gigi Anda pada dokter gigi.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar