Skip to main content

7 CARA AMAN MERAWAT PAYUDARA SAAT MENYUSUI


Pada saat menyusui, sebaiknya payudara sangat perlu untuk dirawat karena saat menyusui banyak sekali masalah yang terjadi seperti nyeri, rasa gatal hingga peradangan. Oleh sebab itu sebaiknya ibu menyusui dapat menjaga kesehatan payudaranya dengan baik.
Anda dapat menjaga dan merawat payudara Anda dimana dan kapan saja dan bisa Anda lakukan hingga masa pemberian ASI selesai, karena ada beberapa cara yang aman untuk merawat payudara Anda.

Inilah 7 cara aman merawat payudara saat menyusui antara lain :

1. KOMPRES PAYUDARA

Payudara pasti sering mengalami pembengkakan bila tidak diperhatikan kesehatannya, dan pembengkakan dapat terjadi dikarenakan ada luka ataupun karena hisapan bayi yang sangat kuat dan bahkan dengan gigitan. Jadi Anda dapat mengkompres payudara secara rutin, selain itu juga lakukan pijatan pada payudara secara lembut agar ASI bisa lancar.

Jadi bila payudara sampai bengkak, sebaiknya kompres menggunakan air hangat atau dingin dengan begitu rasa sakit akan berkurang dan jangan menggunakan obat oles selain yang aman dan sesuai resep dokter.

2. MENGGUNAKAN BRA YANG BENAR

Ibu menyusui wajib memilih bahan bra yang akan digunakan, jangan menggunakan bahan yang kasar dibagian dalamnya karena puting payudara sangat sensitif saat menyusui dan bila puting tergesek lapisan bra maka kemungkinan akan terjadi luka membesar dan sedikit apapun luka dapat menyiksa saat Anda menyusui. Jadi gunakanlah bahan yang lembut dan tidak terlalu tebal.

Selain itu, gunakanlah bra dengan ukuran yang besar agar lebih nyaman, karena dengan bra yang kecil ada kemungkinan menimbulkan rasa sakit dan akan membuat tidak nyaman saat bergerak dan saat menyusui.

3. RUTIN BERSIHKAN PUTING PAYUDARA

Ini adalah hal yang utama yang wajib dilakukan oleh para ibu menyusui yaitu rajin membersihkan payudara, sebaiknya setelah menyusui bersihkanlah puting payudara karena puting akan kotor setelah menyusui dan bila tidak dibersihkan air susu yang keluar dan air liur bayi akan menempel dan mengering sehingga akan muncul rasa perih dan gatal ditambah bila bayi mulai mengigit puting.

4. MENCEGAH BAYI MENGIGIT PUTING

Anda dapat mencegah bayi mengigit puting dengan cara menyelipkan jari kesisi mulutnya, jika bayi menggigit respon dengan terkejut dan kesakitan dan bila bayi melepas gigitannya Anda harus memberikan senyuman agar bayi semakin lama semakin mengerti. Dan untuk mencegah gigitan hentikan hisapnya ketika bayi selesai menyusui ataupun ketika bayi sudah tertidur.

5. JANGAN MENYENTUH PAYUDARA SEMBARANGAN

Bagi ibu menyusui sebaiknya cegah untuk menyentuh atau memegang payudara, cara ini pun berlaku juga pada suami Anda karena selain menyebabkan rasa sakit ada kemungkinan payudara akan menjadi kotor karena terkena kotoran tangan sehingga peluang terjadi infeksi sangat besar. Sebaiknya bila ingin memegang payudara cucilah tangan terlebih dahulu agar payudara selalu steril demi kesehatan Anda.

6. PERIKSA PAYUDARA SECARA RUTIN

Cara ini sebaiknya dilakukan oleh semua para wanita, dengan rutin memeriksa payudara Anda akan mengetahui apakah ada benjolan atau tidak pada payudara. Dan bila ada benjolan yang tak kunjung hilang sebaiknya segera periksakan ke dokter.

7. MENYUSUI BAYI DENGAN BENAR

Anda harus memastikan bayi menghisap puting Anda dengan benar, pertama pasti harus beradaptasi terlebih dahulu namun semakin lama bayi pasti akan menyusu dengan lebih baik. Dan setelah menyusui jangan pernah menarik bayi dari payudara, tetapi selipkan jari Anda kesudut mulut bayi agar terlepas.

Nah itulah cara yang dapat Anda terapkan untuk merawat payudara selama menyusui, jadi Anda akan merasa nyaman melalui proses menyusui sampai dengan selesai.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar