Skip to main content

6 PERSIAPAN YANG WAJIB DILAKUKAN WANITA SEBELUM MENCOBA HAMIL


Sebelum Anda mencoba untuk hamil, sebaiknya ubah dulu kebiasaan hidup Anda menjadi pola hidup sehat agar bisa menjamin Anda dan bayi yang akan lahir nanti menjadi sehat.
Anda dan pasangan Anda sebaiknya mempersiapkan beberapa hal yang mendukung keberhasilan dalam kehamilan, jadi persiapan ini sangat penting untuk dilakukan.

Inilah 6 persiapan yang wajib dilakukan wanita sebelum mencoba hamil antara lain :

1. VAKSINASI

Lakukanlah vaksin satu bulan sebelum Anda mengalami kehamilan, dengan begitu dapat mencegah gangguan pada janin akibat virus yang masuk dari luar sehingga dengan begitu janin Anda akan terhindar juga dari virus rubella yang dapat menyebabkan bayi cacat.

2. KONSUMSI MAKANAN DAN SUPLEMEN YANG MENGANDUNG FOLAT

Setidaknya satu bulan sebelum mengalami kehamilan atau sampai usia kehamilan 12 minggu, konsumsilah folat sebesar 400 mcg/hari sehingga dapat menurunkan resiko bayi lahir cacat, selain itu konsumsilah multivitamin yang mengandung vitamin B sebelum dan selama minggu pertama kehamilan untuk menurunkan resiko morning sickness.

3. STOP MENGGUNAKAN KONTRASEPSI

Sebelum Anda mencoba untuk hamil, sebaiknya beberapa bulan sebelumnya Anda harus berhenti menggunakan alat kontrasepsi apapun, dan biarkan tubuh membersihkan diri dari pengaruh hormon yang tekandung dalam alat kontrasepsi sehingga Anda akan mengetahui kapan tubuh Anda mengalami ovulasi.

4. BERHENTI MEROKOK DAN MINUMAN BERALKOHOL

Biasakan diri Anda untuk berhenti merokok, dan menghindari asap rokok disekitar Anda karena semua itu dapat menurunkan kemampuan Anda untuk hamil. Jadi berhentilah merokok karena banyak sekali resiko yang dapat menyerang Anda dan orang di sekeliling Anda.

Dan minuman beralkohol pun juga harus dihindari yah, karena dapat meningkatkan resiko untuk mengalami keguguran lho jadi sebaiknya hindarilah minuman beralkohol.

5. SIAPKAN FISIK YANG BAIK DAN BERAT BADAN YANG IDEAL

Persiapan fisik dilakukan oleh Anda dan pasangan Anda agar mempercepat terjadinya kehamilan, dan sel telur dan sperma yang dihasilkan juga akan sehat dan berkualitas.

Dengan rutin berolahraga maka juga dapat membantu menurunkan kadar lemak bagi Anda yang mengalami kegemukan, konsumsilah makanan sehat yang mengandung nutisi seimbang yang dibutuhkan agar memperoleh berat badan yang ideal dan konsumsilah makanan dan buah yang bermanfaat untuk kesuburan rahim agar terjadinya pembuahan bisa berjalan dengan lancar.

6.  PERIKSAKAN DIRI KE DOKTER

Ini adalah hal penting yang harus Anda lakukan sebelum Anda mencoba untuk hamil, konsultasikan diri Anda dan pasangan Anda pada dokter kandungan agar dokter dapat memberikan yang terbaik untuk tubuh Anda sebelum mencoba kehamilan.

Nah itulah beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan sebelum Anda mencoba hamil, dan dengan begitu Anda dapat hamil dengan kondisi yang sehat dan bayi pun juga akan sehat juga.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar