Skip to main content

6 PENYEBAB PERUT BUNCIT YANG WAJIB ANDA KETAHUI


Ada 2 jenis lemak yang terdapat didalam tubuh yaitu lemak subkutan (lemak yang berada dibalik kulit) dan lemak viseral (lemak yang berada dalam rongga perut), nah perut buncit terjadi dikarenakan adanya penumpukan pada lemak viseral yang berlebihan.

Lemak viseral memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, hal tersebut dikarenakan lemak ini dapat mempengaruhi fungsi hormon tubuh.Dan Perut buncit dapat Anda lihat dari lingkar pinggang, bila lingkar pinggang pria melebihi 102 cm, dan lingkar pinggang wanita melebihi 88 cm maka Anda perlu berhati-hati.

Yuk mari Kita simak 6 penyebab perut buncit yang wajib Anda ketahui antara lain :

1. MAKAN TERLALU MALAM

Anda perlu menghindari makan terlalu malam, apalagi makan sebelum tidur, hal ini dapat mengganggu ritme sirkadian dan mengubah hormon yang mengendalikan nafsu makan. Selain itu jika makan sebelum tidur dapat memicu rasa kembung bahkan rasa nyeri di ulu hati dan memberatkan proses pencernaan. Jadi hindarilah makan terlalu malam, apalagi saat tubuh merasa lelah karena proses pencernaan makanan akan semakin lambat.

2. SERING MENGKONSUMSI ALKOHOL

Banyak sekali jenis alkohol yang mengandung kalori yang tinggi, dan salah satunya adalah bir. Nah bila Anda mengkonsumsi minuman ini secara berlebihan maka kalori didalam tubuh Anda juga ikut berlebihan, sehingga dapat membuat perut buncit sekaligus peningkatan ukuran lingkar pinggang.

3. KURANG TIDUR

Penelitian menyatakan bahwa bila Anda tidur kurang dari 5 jam, maka dapat meningkatkan resiko kenaikan berat badan. Jadi disarankan Anda harus memiliki waktu yang cukup untuk tidur yaitu sekitar 7-8 jam setiap harinya karena waktu tidur kurang dari 6 jam dapat mempengaruhi ukuran lingkar pinggang yang pada akhirnya membuat perut buncit.

4. STRES MENAHUN

Apapun masalah yang Anda hadapi, sebaiknya hadapi dengan ikhlas jangan sampai membuat Anda menjadi stres, karena stres dapat mengningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Bila kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat maka dapat menyebabkan penumpukan lemak perut sehingga membuat sel-sel lemak menjadi lebih besar.

5. FAKTOR USIA DAN KETURUNAN

Dengan bertambahnya usia seseorang maka otot-otot dibagian tubuhnya semakin berkurang dan hal tersebut dapat membuat bagian perut tidak terjaga lagi bentuknya.

6. FAKTOR KETURUNAN

Jika Orang tua Anda memiliki perut buncit, maka bisa jadi Anda juga akan mempunyai perut buncit dan hal ini dikarenakan hormon yang diturunkannya.

Nah itulah beberapa penyebab yang dapat membuat perut menjadi buncit, jadi hindarilah hal tersebut diatas dan lakukan push up, tidur teratur, kurangi garam, dan hindari alkohol serta perbanyak makanan yang berserat dengan begitu Anda akan terhindar dari perut buncit.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar