Skip to main content

6 DAMPAK BURUK BAGI KESEHATAN AKIBAT MENJADI PEROKOK PASIF


Tidak hanya orang tua atau orang dewasa, saat ini remaja dan anak-anak pun sudah semakin banyak yang merokok. Dan jumlah perokok di Indonesia tergolong tinggi lho, jadi hal ini dapat membuat Kita tanpa sengaja menghirup asap rokok hingga menjadi perokok pasif.

Rokok bertanggung jawab karena sekitar 1 juta kematian yang terjadi diseluruh dunia setiap tahunnya, dan kematian yang terjadi akibat perokok pasif mencapai 900 ribu orang stiap tahunnya.

Penelitian mengungkapkan, bahwa menjadi perokok pasif dilingkungan yang banyak orang merokok maka bisa meningkatkan risiko kanker paru hingga 25%. Jadi menjadi perokok pasif sudah terbukti dapat mengembangkan asma, batuk,iritasi, mata, iritasi tenggotokan, kanker paru dan banyak masalah kesehatan lainnya.

Inilah 6 dampak buruk bagi kesehatan akibat menjadi perokok pasif antara lain :

1. MENURUNKAN SISTEM IMUN TUBUH

Jauhilah anak-anak Anda dari paparan asap rokok, karena bila sering terpapar asap rokok maka akan cenderung memiliki sistem imun tubuh yang rendah sehingga akan rentan terkena peradangan, infeksi dan penyakit lainnya yang tentunya bisa membahayakan kesehatan secara keseluruhan.

2. MEMBAHAYAKAN KEHAMILAN

Kandungan yang beracun didalam asap rokok sangat berbahaya bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan kematian atau persalinan dini. Jadi bila suami atau keluarga Anda perokok, sebaiknya menjauh dari ibu hamil demi mencegah dampak yang buruk bagi kesehatan janin di dalam kandungannya.

3. TERKENA PENYAKIT ASMA

Bila Anda sering terpapar asap rokok maka cenderung lebih rentan akan terkena penyakit asma, apalagi jika sebelumnya Anda sudah pernah mengidap penyakit ini maka paparan rokok akan membuat Anda lebih rentan terkena gejala sesak napas dan masalah pernapasan lainnya yang dapat muncul akibat sering terpapar asap rokok.

4. KANKER PARU-PARU

Jika Anda sering menjadi perokok pasif dampak buruk yang akan Anda dapatkan adalah terkena penyakit kanker paru-paru, dan peningkatan resiko terkena penyakit ini bahkan mencapai 20-30%. Nah hal tersebut dikarenakan ada 4.000 bahan kimia beracun di dalam asap rokok yang Anda hisap dan dapat memicu perkembangan kanker.

5. PENYAKIT JANTUNG

Kemampuan kandungan beracun yang ada di dalam asap rokok bisa merusak pembuluh darah dan jantung dengan signifikan lho, jadi dampak buruknya dapat membuat darah menjadi lebih kental dan dapat meningkatkan resiko terkena penyumbatan darah yang  berujung pada serangan jantung dan stroke.

6. GANGGUAN PENDENGARAN

Asap rokok dapat memicu iritasi pada bagian telinga tengah, jadi anak yang sering terpapar asap rokok akan lebih cenderung rentan terkena gangguan pendengaran.

Nah itulah beberapa dampak buruk bagi kesehatan akibat menjadi perokok pasif, jadi sebaiknya hindarilah asap rokok dan mulailah hidup sehat.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar