Skip to main content

6 CARA PRAKTIS MENGHILANGKAN JERAWAT BATU


Jenis jerawat yang paling susah dihilangkan adalah jerawat batu, dan ciri-ciri jerawat batu adalah berbentuk besar, terasa sakit, dan dapat menyebabkan peradangan bila tidak segera diatasi.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan jerawat batu seperti faktor keturunan, ketidakseimbangan hormon, diet, stres, debu, penggunaan kosmetik yang berbahan dasar minyak dan obat-obatan tertentu.

Namun faktor terbesar timbulnya jerawat batu adalah perubahan hormonal pada masa remaja, dimana peningkatan hormon androgen dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum dan sel kulit mati. Nah hal inilah yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan terbentuknya jerawat.

Berikut 6 cara praktis menghilangkan jerawat batu antara lain :

1. RAJIN MEMBERSIHKAN WAJAH

Ini adalah cara praktis yang paling alami untuk menghilangkan jerawat batu, selain itu rajin mandi terutama setelah beraktivitas seharian juga turut membantu menjaga kebersihan kulit dari minyak dan keringat yang dapat memicu munculnya jerawat.

Anda harus rutin juga membersihkan wajah, Pakailah sabun yang lembut dan usap wajah dengan perlahan kemudian bilas dengan air hangat.

2. TEH HIJAU

Didalam teh hijau terdapat kandungan flavonoid dan tanin yang mampu di percaya dapat membantu melawan bakteri dan juga dapat membantu mengurangi peradangan. Selain itu, antioksidan lainnya juga mampu mengurangi produksi sebum lho.

Anda dapat menyeduh teh hijau selama 4 menit dan diamkan hingga dingin, setelah itu celupkan kapas dalam teh hijau yang sudah dingin, kemudian oleskan pada wajah secara merata, biarkan hingga kering lalu bilas wajah hingga bersih.

3. CUKA APEL

Disini sari cuka apel bisa membantu menghilangkan jerawat batu, namun harus di perhatikan jangan menggunakan sari cuka apel pada kulit wajah langsung yah karena dapat menyebabkan luka bakar dan iritasi. Namun bila wajah Anda terlalu sensitif, sebaiknya hindari cara ini, karena bahan ini cukup keras untuk wajah.

Campurkan sari cuka apel dengan volume air yang lebih banyak dari sari cuka apel, lalu oleskan pada jerawat batu dengan menggunakan kapas, diamkan hingga 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

4. KENTANG

Dengan menggunakan kentang sebagai cara untuk menghilangkan jerawat batu, maka kandungan antioksidannya dapat menurunkan peradangan, kemerahan dan jerawat pun dapat lebih cepat mengering.

Hancurkan kentang yang sudah dikupas menggunakan blender hingga membentuk pasta, oleskan pasta kentang pada jerawat dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas wajah dengan air hangat.

5. LIDAH BUAYA

Anda pasti sudah tahu manfaat dari lidah buaya yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya, karena bahan alami yang satu ini sudah banyak digunakan untuk perawatan wajah dan juga perawatan rambut. Lidah buaya mampu menyembuhkan jerawat karena didalamnya terdapat kandungan sulfur dan asam salisilat yang mampu mengatasi jerawat dan menyamarkan bekas jerawat.

Oleskanlah gel lidah buaya pada wajah dan pada jerawat, lakukan hal tersebut secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

6. KUNYIT DAN MADU

Kunyit memiliki kandungan curcumin sebagai kandungan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan membuat jerawat menjadi cepat kering. Sedangkan madu dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Campuran kedua bahan alami inilah yang dapat menghilangkan jerawat batu yang meradang.

Campurkan 2 sdt kunyit bubuk dengan beberapa tetes madu ditambah air bersih secukupnya, lalu aduk hingga membentuk pasta, oleskan ke wajah Anda dan diamkan hingga mengering, setelah mengering bilas wajah Anda hingga bersih.

Itulah beberapa cara praktis yang dapat Anda aplikasikan untuk menghilangkan jerawat batu, bila jerawat batu masih meradang sebaiknya periksakan dengan dokter kulit yah sahabat anima.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar