Skip to main content

6 CARA MENGATASI MUAL DAN HILANG NAFSU MAKAN SAAT HAMIL


Kondisi yang dirasakan pada ibu hamil umumnya berbeda-beda, ada yang selalu mengalami gangguan saat hamil namun ada pula yang selalu sehat dan tidak mengalami gangguan sama sekali lho.

Nah kondisi gangguan seperti mual, muntah dan juga kehilangan nafsu makan pada trimester pertama dapat menyebabkan gangguan besar pada ibu dan janin hingga berpotensi menyebabkan gangguan yang cukup serius.

Ada beberapa hal yang membuat ibu hamil menjadi malas makan dan tubuhnya akan menjadi lemas dari sebelumnya, dan kondisi ini bisa disebabkan sperti morning sickness, adanya beberapa kenaikan jenis hormon selama kehamilan, tidak bisa memasak sendiri sehingga variasi makan yang di konsumsi sedikit, dan bisa juga karena adanya pembesaran rahim yang menekan area perut dan sekitarnya.

Nah inilah 6 cara mengatasi mual dan hilang nafsu makan saat hamil antara lain :

1. MAKAN DENGAN PORSI KECIL

Biasanya wanita yang mengalami mual tidak dapat makan dalam porsi banyak, karena begitu makanan dalam jumlah banyak masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan bereaksi dan memicu muntah. Jadi ubahlah porsinya menjadi lebih sedikit namun sering,sehari 6x jadi serupa dengan makan 3x dengan porsi banyak,  karena porsi sedikit tidak akan memicu mual berlebihan.

Nah kalau Anda merasa mual ubahlah rasa makanan agar lebih bisa di terima tubuh, dan makanlah hidangan yang hangat untuk mencegah mual muncul dengan cepat.

2. KONSUMSI AIR PUTIH

Air putih dapat mencegah Anda dari tubuh yang lemas dan dehidrasi karena nafsu makan terlalu rendah, jadi Anda harus mengkonsumsi air putih sekitar 8 gelas air atau 2 liter air.

Konsumsilah air putih hangat, agar mudah diterima oleh perut dan Anda tidak akan kesulitan dalam mengkonsumsinya.

3. KONSUMSI JAHE

Jahe adalah obat herbal yang memiliki banyak sekali manfaat, dan wanita hamil masih di perbolehkan untuk mengkonsumsi minuman jahe hangat. Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga dapat mengatasi inflamasi di saluran pencernaan sehingga Anda tidak akan mudah mual dan muntah jadi nafsu makan akan membaik seiring dengan normalnya saluran pencernaan.

4. KONSUMSI CAMILAN SEHAT

Wanita hamil dilarang makan makanan atau camilan sembarangan yah, walaupun Anda tidak dapat mengkonsumsi makanan utama, camilan sehat adalah solusinya seperti snack tidak berlemak, manis dan asin. Namun camilan sehat hanya selingan saja yah, makanan utama seperti sayur, nasi, protein tetap wajib Anda konsumsi.

5. HINDARI MAKANAN BERBAU KUAT

Jenis makanan seperti jengkol, petai, bawang putih, durian dan ikan adalah makanan yang berbau kuat dan menyengat, makanan ini sebaiknya di jauhi dan di hindari agar Anda masih bisa menikmati makan dengan baik.

6. LINGKUNGAN YANG SEGAR

Wanita mual dan muntah dapat kehilangan nafsu makanannya dengan cukup signifikan, dan hal tersebut bisa terjadi karena Anda mencium aroma yang tidak sedap sehingga menjadi mual dan pusing. Jadi pastikan lingkungan rumah Anda memiliki aroma yang sedap dan segar setiap harinya agar Anda tidak mudah mual.

Demikianlah cara mengatasi mual dan hilang nafsu makan saat hamil, Anda bisa menerapkan cara tersebut dan bila belum berhasil sebaiknya Anda periksakan ke dokter kandungan agar Anda dan janin Anda selalu sehat.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar