Skip to main content

PENYEBAB TELAT DATANG BULAN PADA WANITA


Banyak sekali faktor yang menyebabkan telat haid, karena pada umumnya seorang wanita datang bulan dengan siklus normal berkisar antara 21-35 hari. Batas telat haid ada yang masuk dalam kategori wajar dan kategori tidak wajar, jadi para wanita perlu memperhatikan batas telat haid yang wajar untuk mengetahui apakah seorang wanita yang telat haid membutuhkan penanganan medis tertentu terkait kondisinya ataukah tidak.

Nah penyebab telat haid yang dialami para wanita bisa bermacam-macam seperti :

1. Bagi yang belum menikah bisa juga dikarenakan terlalu lehah, seperti kebanyakan dan kelewat berat dalam berolahraga, belajar terlalu keras, belum seimbangnya hormon dalam tubuh remaja juga dapat menyebabkan remaja tersebut telat haid.

2. Pola makan juga bisa menjadi penyebab telatnya haid, seperti wanita yang biasanya sering makan banyak, mendadak diet sehingga tubuh menjadi stres ataupun dari kurus tiba-tiba menjadi gemuk. Pokoknya ada perubahan drastis berat badan bisa saja dapat mempengaruhi siklus haid.

3. Obat-obat tertentu dan terutama obat yang mengandung hormon juga dapat mengganggu siklus haid sehingga membuat para wanita menjadi telat datang bulan. Begitu pula obat KB ataupun suntik KB juga dapat mengusik siklus haid Anda.

Namun sebenarnya batas haid yang terjadi misalkan telat 3-4 bulan, juga tidak perlu Anda khawatirkan namun alangkah lebih baiknya tetap diperiksakan ke dokter kandungan jika memang sudah telat haid hingga bitungan bulan, apalagi bila sudah telat 5-6 bulan harus segera di periksakan yah.

Para wanita tidak perlu merasa khawatir bila telat datang bulan berarti tidak ada pendarahan yang terjadi, jadi Anda tidak perlu cemas dan memikirkan bahwa bila telat datang bulan maka darah akan menggumpal didalam dan akan berbahaya, namun kenyataannya tidak ada pendarahan didalam tubuh.

Anda perlu khawatir bila sudah usia 17 tahun namun belum juga mendapatkan haid, segeralah melakukan pemeriksaan karena ada kemungkinan selaput darahnya tertutup rapat. Selaput darah seharusnya mempunyai lubang-lubang, namun bila selaput darah tertutup rapat bisa saja terjadi haid, namun haidnya tidak keluar, nah disinilah bisa menyebabkan darahnya mengumpul didalam.

Wanita yang sudah menikah namun mempunyai masalah haid yang tidak teratur ataupun sering telat, tidak selalu tepat bila beranggapan susah untuk mempunyai anak karena sulit punya anak tidak selalu berkorelasi dengan siklus haid  atau batas telat haid tertentu.

Nah selain haid tidak teratur, para wanita juga sering terganggu dengan nyeri menjelang mentruasi , rasanya sepeti mulas bercampur kram ketika darah sedang keluar. Rasa yang dialami para wanita ini termasuk hal yang wajar, karena dinding rahim sedang berkontraksi untuk mengeluarkan darah. Kecuali bila nyeri itu terasa sangat menyiksa dan menyakitkan maka harus diwaspadai karena ada kemungkinan Anda menderita endometriosis dimana sel-sel bagian rahim tumbuh tidak didalam rahim namun diluar seperti diovarium maupun disaluran tuba.

Bila nyeri yang dirasakan sangat hebat sampai terasa melumpuhkan, maka segera periksakan ke dokter kandungan terlebih bagi yang sudah berhubungan badan mungkin terkena infeksi,dan bila terjadi pelekatan organ genital internal akibat dari infeksi tersebut maka dampaknya akan sulit untuk mempunyai anak.

Itulah penyebab telat datang bulan yang harus Anda pahami, konsumsilah sayur dan buah dan cukup makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar