Skip to main content

PARA WANITA WAJIB TAHU!! 6 PERBEDAAN TANDA HAID DAN TANDA HAMIL


Sebenarnya ciri-ciri tanda haid dan tanda hamil yang dialami para wanita semua hampir sama, seperti morning sickness, nyeri pada payudara, perubahaan mood dan lainnya.

Nah disini tanda haid meliputi gejala psikologis serta fisik dan tanda-tanda itu hampir sama dengan tanda hamil muda lho, beberapa wanita juga bingung dan tidak bisa membedakan apakah itu tanda haid atau tanda hamil muda, terlebih lagi bila Anda telat menstruasi dari siklus menstruasi normal yang semestinya.

Disini para wanita wajib tahu!! 6 perbedaan tanda haid dan tanda hamil muda antara lain :

1. KRAM PADA PERUT

Haid dan hamil sama-sama memiliki kram pada perut, nah perbedaan nya bila haid maka perut akan terasa kram selama 1-2 hari sebelum siklus menstruasi terjadi dan biasanya kram akan terasa sakit di bawah perut dan akan berkurang sampai siklus menstruasi berjalan dan berakhir.

Bila hamil akan muncul kram ringan di bagian perut bawah dan punggung bawah yang akan dialami selama berminggu-minggu sampai berbulan-bulan karena rahim mulai membesar.

2. MUNCUL FLEK DARAH

Munculnya flek darah pada vagina, tanda haid umumnya tidak mengalami munculnya flek darah sebelum datang bulan namun terjadinya pendarahan saat siklus menstruasi yang umumnya akan berlangsung 5-7 hari.

Tanda hamil akan mengalami bercak darah atau pendarahan ringan yang umumnya akan terjadi pada 10-14 hari selama awal kehamilan. Namun ada pula beberapa wanita hamil muda tidak mengalami flek darah pada vagina.

3. SAKIT PUNGGUNG

Sebagian para wanita mengalami sakit punggung disaat haid dan hamil, bila tanda haid umumnya nyeri punggung pada area bawah punggung hingga betis akan terasa pegal, dan hanya terasa pada 2 hari diawal datang bulan dan akan hilang saat mentruasi berakhir.

Dan sakit punggung pada wanita hamil, itu bukanlah tanda hamil namun sakit punggung akan dirasakan pada trimester kedua dan hal itu dikarenakan ibu hamil terjadi kenaikan  berat badan.

4. SAKIT KEPALA

Beda sakit kepala yang dirasakan saat akan datang haid adalah sakit kepala ringan yang terjadi sebelum sikus haid di mulai, namun sakit kepala tersebut dapat segera sembuh dikarenakan bukan gejala berat.

Dan bila tanda hamil maka sakit kepala yang dirasakan adalah sakit kepala migrain yang dirasakan saat awal kehamilan dikarenakan perubahan hormon.

5. MUAL DAN MUNTAH

Tanda haid mungkin akan merasakan mual dan muntah, namun hal tersebut dikarenakan masalah pemilihan makanan ataupun masalah pencernaan. Dan pada dasarnya gejala haid tidak mengalami mual dan muntah.

Mual dan muntah ini adalah tanda hamil yang umum terjadi dan akan dialami pada awal kehamilan dan dapat terjadi kapan saja.

6. NYERI PADA PAYUDARA

Gejala ini adalah gejala yang sama-sama dirasakan bila haid ataupun bila hamil, namun ada perbedaanya bila tanda haid maka payudara akan terasa padat diarea luar dan rasa nyeri yang biasa hingga pembengkakan dan rasa nyeri yang parah.

Dan nyeri dan pembengkakan yang dirasakan pada wanita yang hamil akan terjadi 1-2 minggu setelah ibu dinyatakan positif hamil, dan bisa juga terjadi selama beberapa saat seiring naiknya level progesteron.

Itulah perbedaan tanda- tanda yang dialami oleh para wanita yang akan haid ataupun hamil, jadi Anda bisa mengerti tanda-tandanya. Anda dapat melakukan tes kehamilan untuk dapat memastikan apakah Anda haid atau hamil.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar