Skip to main content

ORANG TUA WAJIB TAHU 7 MANFAAT PIJAT BAYI


Sesungguhnya tujuan untuk pijat bayi adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan memberikan stimulasi raba, stimulasi gerak dan kombinasi stimulasi lainnya yang dilakukan dengan mengajak bayi berbicara saat di pijat dan melakukan kontak mata saat memijatnya.

Lakukanlah secara rutin pijatan kepada bayi,lalukanlah pemijatan selama 15 menit dan dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan agar memperoleh hasil yang maksimal.

Jadi orang tua wajib tahu 7 manfaat pijat bayi antara lain :

1. DAPAT MEMPERKUAT IKATAN

Disini dengan melakukan pijat bayi manfaat yang paling utama didapatkan adalah dapat meningkatkan hubungan emosional antara orangtua dengan bayi, gerakan dan sentuhan ketika melakukan pijatan adalah komunikasi yang menyenangkan antara orang tua dan bayi.

2. MENDUKUNG PERTUMBUHAN OTAK

Saat bayi mendapatkan pijatan, ini adalah hal yang akan merangsang lahirnya sel-sel otak baru yang di butuhkan untuk tumbuh kembang bayi Anda. Berbagai aroma minyak pijat, variasi sentuhan dan komunikasi  orang tua dengan bayinya adalah stimulasi yang dapat menghasilkan zat mielin yang berfungsi mengatur impuls saraf yang berkaitan dengan sensoris dan motorik.

3. MEMBUAT RILEKS

Pijatan pada bayi bisa menstimulasi sistem saraf pusat yang akan membuat otak memproduksi lebih banyak serotonin yang membuat bayi Anda menjadi nyaman sehingga dapat menurunkan hormon stres, dan dapat membuat detak jantung dan nafas bayi menjadi lebih teratur dan menjadi lebih rileks.

4. MEMBUAT TIDUR LEBIH NYENYAK

Bila bayi Anda sering rewel dan nangis setiap malam, lakukanlah pijatan kepada bayi disore hari karena dengan pijatan dapat membuat bayi Anda menjadi lebih rileks dan membuat bayi menjadi lebih mudah tidur nyenyak dimalam hari.

5. MENGATASI DEPRESI PASCA MELAHIRKAN

Bila ibu sering melakukan pijatan pada bayinya, maka akan terjalin interaksi mesra bersama buah hati sehingga akan tercipta suasana hati yang nyaman dan membuat perasaan menjadi lebih positif.

6. MENINGKATKAN BERAT BADAN

Penelitian mengungkapkan bahwa pijatan terhadap bayi dapat mempengaruhi kondisi fisik bayi sehingga bayi yang dipijat akan mengalami peningkatan berat badan, selain itu efek hangat dari minyak pijat mampu membuat bayi lebih optimal dalam mencerna ASI.

7. MELATIH INDERA

Sentuhan pijatan yang lembut dan berirama yang diterima oleh bayi dapat menstimulasi saraf dan indera perabanya sehingga bayi Anda dapat membedakan mana sentuhan yang besar dan mana sentuhan yang tepat, selain itu dapat membuat otot-otot bayi menjadi kuat dan fleksibel.

Nah itulah manfaat yang didapatkan bila orangtua dapat melakukan pijatan terhadap bayi namun perlu Anda perhatikan respon yang diterima bayi Anda,cek terlebih dahulu bila bayi menangis saat Anda memijatnya dan jangan memaksakan suatu pijatan pada bayi.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar