Skip to main content

9 MAKANAN UNTUK PENCEGAH KEPUTIHAN


Semua wanita pasti pernah mengalami keputihan, namun rasa gatal akibat keputihan akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Anda harus menerapkan pola makanan yang sehat, dan menghindari makanan yang menyebabkan keputihan seperti :

1. MENTIMUN

Kandungan gula yang sangat tinggi pada buah mentimun dapat memicu timbulnya keputihan, jadi Anda perlu menghindari makanan timun maupun acar yah.

2. GORENGAN

Kandungan karbohidrat yang terdapat pada lapisan tepung yang ada pada gorengan dapat meningkatkan gula dalam tubuh sehingga akan menimbulkan keputihan.

3. NANAS

Karena keasamannya yang tinggi, makanan ini juga dihindari oleh wanita hamil dan makanan ini juga harus dihindari agar keputihan tidak akan datang karena buah ini dapat meingkatkan produksi  lendir pada vagina sehingga menyebabkan rasa becek dan ketidaknyamanan.

4. MAKANAN MANIS

Bila terlalu banyak asupan gula didalam tubuh maka dapat menyebabkam bakteri di vagina dapat berkembang dengan subur sehingga akan menimbulkan rasa gatal dan bau yang tidak sedap.

Selain rajin mencuci dan membersihkan vagina dengan baik dan benar, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah datangnya keputihan lho.

Berikut 9 makanan untuk pencegah keputihan antara lain :

1. PISANG

Buah ini mampu dipercaya untuk mencegah keputihan, jadi konsumsilah buh ini setiap hari dan bila perlu tambah madu dan susu saat dikonsumsi pada pagi hari untuk sarapan.

2. MINYAK KELAPA

Minyak kelapa didapat dari daging kelapa dan dapat di oleskan pada vagina karena dipercaya efektif membunuh jamur dan minyak kelapa relatif aman untuk pengobatan alternatif.

3. YOGHURT

Ini adalah produk susu olahan probiotik yang mengandung bakteri lactobacillus acidophilus yang dapat mmebantu keseimbangan kadar bakteri dalam tubuh, dan olahan susu ini  mampu meredakan gejala infeksi jamur vagina.

4. JAMBU

5. DELIMA

6. SAYURAN HIJAU

7. DAUN SIRIH

8. BAWANG PUTIH

9. KUNYIT

Selain makanan tersebut diatas, Anda juga dapat mencegah keputihan dengan mengeringkan vagina setelah buang air kecil, maupun air besar, setelah mandi, dan jangan pernah menggunakan bedak pada vagina karena akan menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur sehingga keputihan akan selalu datang bahkan keputihan yang tidak normal.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar