Skip to main content

8 KHASIAT DAUN PEPAYA UNTUK KESEHATAN TUBUH DAN WANITA


Ciri khas dari daun pepaya adalah memiliki rasa yang pahit, namun ternyata daun pepaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dari mengobati hingga mencegah penyakit yang berbahaya.

Rasa pahit pada daun pepaya justru sering dihindari untuk dikonsumsi , namun dari rasa pahit itulah justru menyimpan segudang manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Penelitian mengungkapkan bahwa dalam daun pepaya muda terkandung enzim papain yang berfungsi untuk memecah protein karena bersifat proteolithik. Sedangkan pada daun pepaya tua terkandung senyawa fenolik. Namun secara umum daun pepaya mengandung enzim khimoprotein yang berfungsi sebagai katalisator antara poplipetida dengan protein, dan enzim lisozim yang terkandung didalam daun pepaya pun merupakan zat antibakteri yang bekerja dengan cara memecah dinding sel bakteri.

Inilah 8 khasiat daun pepaya untuk kesehatan tubuh dan wanita antara lain :

1. MENINGKATKAN SISTEM IMUN

Nutrisi yang kuat dan penting didalam daun pepaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun dan dapat mencegah tubuh dari penyakit, infeksi dan kuman.

2. MENGOBATI DIABETES

Bagi penderita diabetes, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi daun pepaya karena dapat meningkatkan sensitivitas glukosa, mengurangi biomarker yang berhubungan dengan diabetes tipe II, dan juga membantu mengurangi kadar gula yang tinggi.

Selain itu, sumber antioksidannya dapat mempercepat penyembuhan luka pada penderita diabetes dan juga mencegah stres oksidatif.

3. MEMPERLANCAR ASI

Nah daun pepaya ini juga sangat baik untuk di konsumsi untuk ibu menyusui, karena dapat melancarkan ASI. Letakkan daun pepaya diatas api hingga menjadi layu, setelah hangat  tempelkan daun tersebut pada payudara namun jangan sampai terkena puting susu Anda.

4. MENGOBATI NYERI HAID

Minumlah rebusan daun pepaya yang dicampur dengan asam jawa, garam dan juga air, rebuslah hingga matang, nah dengan begitu nyeri haid yang biasa Anda rasakan akan hilang dan reda dengan ramuan tersebut.

5. MENYEHATKAN RAMBUT

Buatlah rebusan daun pepaya dan campurkan dengan sampo jika Anda sedang keramas, nah kandungan dalam daun pepaya tersebut dapat menguatkan akar rambut, dan mengurangi kerontokan, selain itu juga dapat mencegah ketombe pada rambut Anda.

6. MENYEHATKAN KULIT

Anda harus rajin mengkonsumsi daun pepaya dalam olahan makanan maupun minuman, dengan begitu kandungan vitamin E, vitamin C, dan juga vitamin A nya juga mampu menutrisi kulit dan menjaga kelembaban kulit Anda.

7. MENCEGAH KANKER

Getah putih seperti susu pada patang daun pepaya dinamakan liquid yang mempunyai peluang untuk dikembangkan sebagai zat anti kanker. Nah getah ini pasti akan ikut dikonsumsi bila Anda memakan daun pepaya dalam bentuk olahan apapun.

8. PENAMBAH NAFSU MAKAN

Banyak sekali para orang tua yang mengeluh karena anak yang susah makan, jangan khawatir salah satu khasiat dari daun pepaya adalah untuk mengatasi masalah anak yang susah makan. Caranya dengan menumbuk daun pepaya dan saringlah airnya lalu minumkan pada anak sebagai obat penambah nafsu makan anak.

Demikianlah sudah dijelaskan beberapa  khasiat dari daun pepaya untuk kesehatan tubuh dan wanita, jadi Anda sudah tidak perlu resah lagi dengan rasa pahit pada daun pepaya, karena khasiatnya sudah melunturkan rasa pahitnya.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar