Skip to main content

8 CARA MENGATASI HEARTBURN SAAT KEHAMILAN


Banyak ibu hamil mengalami heartburn yang pada umumnya tidak berbahaya namun bisa terjadi secara berulang bahkan sering dan membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman.

Sensasi terbakar disekitar dada bagian bawah hingga ketenggorokan bagian  bawah disebut heartburn karena asam lambung naik, nah hal ini umumnya terjadi pada kehamilan trimester kedua.

Dan yang lebih mudah terserang heartburn adalah ibu hamil yang mempunyai kelebihan berat badan, dan salah satu keluhannya adalah merasa maag sepanjang masa kehamilan.

Semua adaptasi didalam tubuh yang bisa  menyebabkan mulas atau heartburn seperti terjadi pergeseran hormonal pada tubuh ibu hamil selama kehamilan trimester pertama, dan bisa juga karena plasenta yang menghasilkan hormon progesteron yang berakibat melemaskan otot polos pada rahim sehingga dapat melemaskan otot katup yang memisahkan kerongkongan dari perut dan membuat asam lambung merembes ke tenggorokan dan sensasi panas seperti terbakar pun akan dirasakan.

Berikut 8 cara mengatasi heartburn saat kehamilan antara lain :

1. MAKAN DENGAN PORSI KECIL TAPI SERING

Jika ibu hamil mengunyah makanan, apalagi makanan yang susah di cerna, sebaiknya kunyahlah secara perlahan dan jangan terburu-buru agar makanan tersebut tidak menambah beban pada lambung untuk mengeluarkan lebih banyak asam. Dan sebaiknya ibu hamil makan dengan porsi kecil tapi sering agar lambung bisa dengan mudah mencerna makanan.

2. MENGGUNAKAN PAKAIAN YANG LONGGAR

Heartburn bisa juga terjadi dikarenakan pakaian yang ketat sehingga dapat menekan perut, nah bila hal tersebut terjadi sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman sehingga perut tidak tertekan dengan pakaian Anda.

3. MENGUNYAH PERMEN KARET

Dengan mengunyah permen karet maka dapat menstimulasi air liur dan kelenjar ludah sehingga dapat membantu menetralisir asam lambung yang naik ke kerongkongan.

4. BERBARING MENGHADAP SAMPING KIRI

Dalam posisi berbaring ketika tidur dan menghadap samping kiri dapat membuat asam lambung sulit untuk naik ke kerongkongan, dan dapat mencegah hati dari tekanan pada rahim dan juga dapat meningkatkan aliran darah ke janin.

5. SETELAH MAKAN HINDARI BERBARING/TIDUR

Terutama untuk ibu hamil, sebaiknya jangan berbaring/ tidur setelah makan karena hal ini dapat memicu asam lambung akan naik cepat menuju kerongkongan, jadi sebaiknya setelah makan ibu dapat duduk sekitar 2-3 jam atau berjalan-jalan kecil setelah menyantap makanan.

6. HINDARI MAKANAN PEDAS, MAKANAN BERLEMAK DAN BERMINYAK SERTA HINDARI KAFEIN

7. JIKA PARAH SEBAIKNYA HINDARI MAKANAN APAPUN 3 JAM SEBELUM IBU TIDUR

8. MINUM SEGELAS SUSU, YOGURT, TEH JAHE, ATAU MAKAN PERMEN JAHE

Nah itulah 8 cara mengatasi heartburn pada ibu hamil, jadi ibu bisa menerapkan cara ini bila heartburn menyerang ibu.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar