Skip to main content

7 TIPS MENGATASI SUSAH TIDUR SAAT HAMIL


Pada trimester ketiga kehamilan umumnya hal yang terjadi adalah ibu hamil akan mengalami insomnia atau susah tidur. Seharusnya ibu hamil mendapatkan istirahat yang cukup, namun ibu hamil tua kerap kali susah untuk tidur.

Ibu hamil pada trimester ketiga kehamilan susah tidur disebabkan karena sakit punggung, merasa mulas, mengalami kram kaki, rasa lapar ditengah malam, frekuensi buang air kecil meningkat pada malam hari, tidak nyaman mencari posisi tidur karena perut yang semakin membesar, perubahan hormon sebelum melahirkan dan hal lainnya yang membuat ibu hamil susah tidur.

Nah untuk mengatasi hal tersebut terapkanlah 7 tips mengatasi susah tidur saat hamil antara lain :

1. MATIKAN LAMPU SAAT TIDUR

Menurut penelitian lampu yang redup cahaya akan lebih menenangkan bagi ibu hamil, jadi setidaknya matikanlah lampu satu jam sebelum tidur karena dapat menekan kadar melatonin atau kadar yang mengatur jam internal ibu hamil yang berpengaruh pada siklus tidur malam ibu hamil.

2. MAKAN MALAM LEBIH AWAL

Ibu hamil di anjurkan untuk makan malam 2-3 jam sebelum tidur yah, dengan begitu tidur Anda akan terasa lebih nyenyak. Bila ibu hamil makan sebelum tidur, maka akan membuat ibu hamil insomnia karena perut kenyang, begah dan menjadi tidak nyaman saat tidur.

3. TENANGKAN  PIKIRAN

Bila ibu hamil merasa ada sesuatu yang mengganggu pikiran sebaiknya di bicarakan pada suami dan keluarga, karena sebaiknya ibu hamil tidak mengkhawatirkan proses kelahiran yang sudah dekat ataupun masalah-masalah lainnya agar ibu menjadi lebih tenang dan dapat tidur dengan nyenyak.

4. MELAKUKAN HAL YANG MEMBUAT RILEKS

Sebelum ibu hamil tidur, sebaiknya lakukanlah hal yang dapat membuat rileks seperti membaca buku, mendengarkan musik yang menenangkan, mandi air hangat atau hal lainnya yang membuat ibu hamil tenang sehingga tidurpun jadi pulas.

5. OLAHRAGA

Lakukanlah olahraga ringan di sore hari seperti jalan santai, berenang, dan latihan yoga agar kehamilan ibu hamil menjadi sehat dan akan membantu ibu tidur nyenyak dimalam hari.

6. MENGATUR BUANG AIR KECIL DIMALAM HARI

Penuhilah kebutuhan cairan harian pada siang hari agar ibu hamil tetap terhidrasi hingga malam hari, mungkin ibu hamil juga dapat membatasi minum sebelum tidur agar aktivitas untuk ke toilet berkurang sehingga tidurpun tidak akan terganggu.

7. MEMBUAT KAMAR MENJADI NYAMAN

Ibu hamil dapat menggunakan banyak bantal yang sangat empuk untuk menopang tubuh ibu hamil, dan bisa juga mengganti sprei tempat tidur dengan warna yang kalem dan menenangkan seperti warna biru langit, aqua, hijau ataupun warna gelap. Ibu juga dapat menggunakan aroma terapi untuk relaksasi,apapun yang membuat ibu nyaman ibu boleh menggunakannya agar suasana kamar menjadi  nyaman dan tidurpun bisa tenang.

Itulah beberapa tips yang boleh diterapkan agar ibu hamil dapat merasa nyaman dan tenang saat tidur.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar