Skip to main content

7 MANFAAT OATMEAL DAN KANDUNGAN NUTRISI UNTUK IBU HAMIL


Untuk mendukung tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu hamil, maka diperlukan banyak asupan nutrisi, karena ibu hamil harus banyak mengkonsumsi lebih banyak makanan yang bergizi dan salah satunya ada pada oatmeal.

Produk makanan yang di buat dari berbagai jenis oats yang diolah dalam bentuk sereal yang mudah untuk dimasak itu dinamakan oatmeal, makanan ini menjadi salah satu pilihan makanan sehat dan enak untuk semua orang terutama untuk ibu hamil.

Ibu hamil membutuhkan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, protein dan asam folat untuk perkembangan janin dan untuk kebutuhan ibu hamil sendiri. Dan semua kandungan itu terdapat pada oatmeal, sehingga untuk memenuhi nutrisi tersebut ibu hamil dapat mengkonsumsi oatmeal.

inilah 7 manfaat oatmeal dan kandungan nutrisi bagi ibu hamil antara lain :

1. MENGANDUNG ASAM FOLAT

Ini adalah salah satu nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil, karena nutrisi ini dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi. Karena bila kekurangan asam folat maka dapat mengakibatkan bayi terlahir cacat.

Nah untuk itu ibu harus membutuhkan kurang lebih 4000 mikrogram asam folat setiap harinya untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan, selain oatmeal kandungan asam folat juga terdapat pada pasta, roti gandum, sayuran hijau dan lainnya.

2. MEMPERLANCAR ASI

Bagi ibu menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi oatmeal, karena oat meal mengandung zat besat dan beta glukan untuk membantu meningkatkan hormon prolaktin yang dapat meningkatkan dan mmeperlancar  produkis ASI.

3. MEMBANTU RELAKSASI IBU HAMIL

Ibu hamil biasanya mengalami resiko tingkat stress yang tinggi dan dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan janin.

Cara untuk membantu relaksasi ibu hamil adalah dengan cara berendam dengan air oatmeal, yang dapat menenangkan,merelaksasi dan dapat pula menyehatkan kulit.

4. SUMBER ENERGI 

Oatmeal adalah sarapan yang baik untuk ibu hamil, karena ibu hamil di anjurkan untuk sarapan oatmeal karena bukan hanya untuk memenuhi energi saja, tapi dapat mengurangi mual dan muntah. Oatmeal juga mengandung jumlah kalori dan karbohidrat yang cukup untuk pasokan energi bagi ibu hamil, kandungan esensial lainnya juga membuat ibu dan bayi sehat.

5. MENGANDUNG SERAT

Dalam 1 porsi oatmeal terdapat 3 gr serat larut dan 1 gr serat tidak larut yang efektif memperlancar pencernaan ibu hamil, dan ibu hamil juga dapat mengkonsumsi buah sebagai pelengkap serat seperti pisang, apel, alpukat dan lainnya.

6. MENGANDUNG ZAT BESI

Ibu hamil akan terkena anemia bila kekurangan zat besi, hal tersebut disebabkan oleh rendahnya hemoglobin yang membuat ibu hamil menjadi cepat lelah. Selain itu, bila ibu hamil kurang zat besi maka akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi pada trimester kedua dan trimester ketiga.

7. MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

Kandungan lignan dan beta glukan pada oatmeal berfungsi untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung, nah terutama bagi ibu hamil yang memiliki kondisi diabetes, obesitas, kolesterol dan tekanan darah tinggi sebaiknya mengkonsumsi oatmel karena serat dalam oatmel dapat menurunkan kadar kolesterol  serta menjaga kesehatan jantung.

Demikianlah manfaat oatmeal dan kandungan nutrisi bagi ibu hamil, jadi untuk ibu hamil sebaiknya bila ingin sarapan dapat mengkonsumsi oatmeal yah.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar