Skip to main content

7 KHASIAT BIJI SELASIH YANG JARANG DIKETAHUI


Ini adalah biji tanaman yang cukup terkenal di Indonesia karena biji selasih sering digunakan untuk pemanis pada makanan camilan maupun pada minuman, dan biji ini memiliki senyawa dan bahan aktif kuat yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Didalam biji selasih terdapat serat zat besi, orientin, protein, vicentin, senyawa polifenolik, phytocemical dan antioksidan kuat lainnya.

Siapa sangka biji selasih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, yuk mari kita simak 7 khasiat biji selasih yang jarang diketahui antara lain :

1. MENYEHATKAN JANTUNG

Karena kandungan serat yang terdapat pada biji selasih maka dapat menjaga kesehatan jantung, dan serat yang ada didalam tubuh akan menyerap lemak berlebih sehingga kolesterol jahat yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah akan terserap.

Anda bisa mengkonsumsi biji selasih dengan oatmeal, maka kolesterol baik akan meningkat dan resiko terkena gangguan jantung akan berkurang.

2. MENYEHATKAN KULIT

Dalam biji selasih terdapat konsentrasi antioksidan dan flavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

Selain itu bila Anda mengkonsumsi biji selasih secara rutin, maka dapat mengurangi bekas luka dan bertindak sebagai zat anti penuaan lho.

3. MENGHILANGKAN STRES

Bila Anda sedang mengalami stres yang terus menanjak, Anda dapat mengkonsumsi segelas air putih yang di campur dengan biji selasih dengan begitu Anda akan terhindar dari kecemasan yang dialami, mengurangi depresi, meningkatkan suasana hati dan dapat mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh.

4. MENYEHATKAN MATA

Bagi Anda yang mengalami gangguan penglihatan atau yang memiliki tingkat stres oksidatif yang tinggi, maka disarankan untuk mengkonsumsi biji selasih karena kandungan vitamin A dalam jumlah besar pada biji selasih dapat menyehatkan mata, terhindar dari penyakit katarak dan memperlambat timbulnya degenerasi makula.

5. MENYEHATKAN TULANG DAN GIGI

Untuk Anda yang sudah berusia lanjut sangat baik mengkonsumsi biji selasih dan dengan mengkonsumsi 1 sendok biji selasih kering setiap harinya maka kalsium dan megnesiumnya sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu zat besi didalamnya pun bermanfaat melancarkan sel darah merah untuk mengedarkan oksigen dari sari makanan ke seluruh tubuh.

6. MENINGKATKAN IMUN

Zat polifenol adalah salah satu antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dan zat ini terdapat pada biji selasih, nah jika Anda rutin mengkonsumsi biji selasih maka daya tahan tubuh dapat meningkat dengan sendirinya dan dengan meningkatnya imun tubuh maka akan membuat Anda terhindar dari bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

7. MERINGANKAN RASA SAKIT

Penelitian mengungkapkan bahwa khasiat biji selasih memiliki aktivitas anti rematik yang lebih unggul karena sifat anti inflamasinya dapat mengurangi rasa sakit dari penyakit asam urat, sakit kepala, radang sendi bahkan dari sindrom iritasi usus besar.

Itulah beberapa khasiat yang jarang diketahui, dengan begitu Anda dapat mengkonsumsi biji selasih secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar