Skip to main content

7 HAL WAJAR YANG TERJADI DIALAMI IBU HAMIL


Hamil adalah moment paling bahagia dan paling indah yang dialami bagi para wanita, Namun saat Anda sedang hamil banyak dan ada saja masalah yang akan dihadapi oleh ibu hamil.

Harus Anda ketahui bahwa setiap wanita belum tentu memiliki masalah yang sama saat hamil, bahkan ada pula yang tidak mengalami masalah apapun saat kehamilannya.

Inilah 7 hal wajar yang terjadi dialami ibu hamil Antara lain :

1. MUAL DAN MUNTAH

Biasanya hal ini disebut dengan morning sickness, ini adalah masalah pada ibu hamil yang sering dan paling umum terjadi pada 3 bulan pertama kehamilan.

Dan faktor yang menyebabkan mual dan mutah tersebut dikarenakan meningkatnya hormon yang mulai diproduksi setelah pembuahan, kekurangan zat gizi seperti kurang vitamin B6, meningkatnya kadar hormone eterogen saat awal kehamilan dan lainnya.

2. PEMBEKAKAN

Selama masa kehamilan biasanya ibu akan mengalami pembekakan pada tangan, kaki dan jari jemari dan hal tersebut dikarenakan tubuh ibu mengandung banyak cairan pada saat hamil.

Nah untuk mencegah pembekakan saat hamil, ibu sebaiknya menghindari berdiri dalam waktu yang lama, istirahatkan kaki setidaknya satu jam perhari dengan meletakkan kaki lebih tinggi dari jantung, dan gunakanlah alas kaki yang tidak terlalu ketat dan nyaman di pakai.

3. SAKIT PUNGGUNG

Beban tubuh yang akan meningkat karena bayi semakin besar akan memberatkan pinggul dan punggung sehingga dapat menyebabkan sakit punggung, namun selama kehamilan ligament yang menghubungkan antar tulang menjadi lunak dan meregang untuk mempersiapkan proses kehamilan.

Cara mencegah agar punggung tidak terasa sakit adalah ibu jangan mengangkat beban yang terlalu berat, gunakan alas kaki yang datar atau flat, duduklah dengan tegak agar tidak membungkuk, dan pastikan ibu punya waktu yang cukup untuk istirahat.

4. SERING BUANG AIR KECIL

Sekitar usia 12-14 minggu pertama kehamilan, frekuensi untuk buang air kecil sangat sering dan hal terseut dikarenakan kepala bayi ibu menekan kandung kemih, namun setelah lebih dari 14 minggu pertama kehamilan maka frekuensi buang air kecil akan kembali normal.

Bila air kencing ibu bercampur dengan darah, bisa jadi ibu terkena infeksi saluran kecing, sebaiknya ibu banyak minum air putih dan untuk menghilangkan rasa sakit sebaiknya segera periksakan ke dokter.

5. KEPUTIHAN

Masalah ini dapat terjadi pada saat kehamilan, karena keputihan akan meningkat untuk melindungi vagina dan Rahim dari infeksi. Dan mejelang akhir kehamilan maka jumlah keputihan akan terus meningkat, bertekstur tebal dan mungkin terdapat bercak darah, nah itu menandakan bahwa sudah mulai mempersiapkan kelahiran dari bayi ibu.

Namun bila keputihan mengalami perubahan warna dan bau hingga mengalami nyeri disekitar vagina, sebaiknya segera periksakan ke dokter Anda.

6. KRAM

Masalah ini pun akan terjadi pada ibu selama trimester kedua, hal tersebut dikarenakan oleh beban tambahan yang di bawa ibu saat kehamilan sehingga membuat otot menjadi tegang.

Cara untuk mencegah kram adalah ibu dapat melakukan gerakan senam hamil untuk melancarkan sirkulasi darah dan melenturkan otot kaki.

7. SAKIT KEPALA

Sakit kepala bisa terjadi disebabkan oleh hormon, dan biasanya terjadi pada ibu hamil muda dan akan berkurang pada 6 bulan terakhir kehamilan.

Untuk menghilangkan sakit ini sebaiknya ibu mendapatkan istirahat yang cukup dan lakukanlah hal-hal yang menyenangkan agar perasan ibu menjadi lebih nyaman.

Itulah beberapa hal yang wajar yang dialami oleh ibu hamil, namun jika ibu merasa tidak nyaman dan merasa kesakitan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter kandungan.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar