Skip to main content

7 CARA MENGOBATI LUKA PADA BIBIR SECARA CEPAT DAN ALAMI


Ada banyak penyebab yang membuat luka pada bibir seperti sariawan, dehidrasi, dan terkena benturan keras. Nah luka tersebut akan membuat semua orang pasti akan merasa tidak nyaman dalam berbicara dan membuat nafsu makan menjadi berkurang.

Luka pada bibir membuat rasa perih yang sangat menyiksa sehingga membuat penderita jadi enggan untuk membuka mulut, dengan kondisi seperti itu sebaiknya segera lakukan pengobatan agar luka pada bibir cepat pulih.

Berikut 7 cara mengobati luka pada bibir secara cepat dan alami antara lain :

1. BILAS AIR GARAM

Larutkanlah 1 sdm garam dengan air hangat, lalu rendam kapas dalam larutan tersebut dan oleskan pada bibir yang terluka dengan perlahan, lakukanlah berulang kali sampai rasa perih berkurang. Dengan melakukan hal ini akan mengurangi bakteri dan mengurangi resiko infeksi karena kandungan antibakteri dan anti inflamasinya dapat membantu membersihkan luka.

2. PASTA KUNYIT

Buatlah pasta menggunakan kunyit, dengan cara mencampurkan 3 sdt bubuk kunyit dengan air dingin, lalu oleskan pada bibir Anda yang pecah-pecah dan diamkan hingga mengering kemudian bilas menggunakan air hangat. Kunyit mempunyai senyawa curcumin yang dapat membantu meningkatkan penyembuhan, mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit pada bibir Anda.

3. MADU

Madu sudah dikenal sebagai obat alami yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat menyembuhkan luka, seperti luka pada bibir. Dengan menggunakan madu maka dapat melindungi bibir dari pecah-pecah dan dapat pula melembabkan bibir. Jadi oleskanlah madu pada bibir Anda sepanjang hari, maka Anda akan memperoleh bibir yang sehat.

4. KOMPRES DENGAN AIR DINGIN

Kompreslah dengan tekanan lembut bibir Anda menggunakan air dingin atau es batu selama 5-10 menit, lakukan sampai nyeri dan bengkak dapat berkurang. Dengan begitu maka tidak hanya mengurangi rasa sakit namun juga dapat mengurangi pembekakan dan merangsang aliran darah dan mempercepat pemulihan.

5. GEL LIDAH BUAYA

Biasanya banyak lidah buaya tumbuh di pekarangan rumah, nah gel lidah buaya tersebut dapat di gunakan untuk menyembuhkan luka pada bibir Anda. Ini adalah cara menyembuhkan luka pada bibir yang paling cepat karena sifat anti inflamasi dan menenangkan dari gel lidah buaya bisa sebagai obat alami untuk mengatasi luka bibir dan bibir pecah-pecah.

6. MINYAK KELAPA

Minyak kelapa juga sebagai salah satu obat alami yang secara cepat menyembuhkan luka pada bibir, tidak hanya melembabkan kulit, minyak kelapa juga dapat melindungi kulit dengan meningkatkan fungsi penghalang kulit alami.

7. PASTA BAKING SODA

Campurkan 3 sendok baking soda dan 1 sdt air kemudian aduklah hingga menjadi pasta, lalu oleskan pasta baking soda pada bibir dan diamkan selama beberapa menit. Gosoklah pasta tersebut dengan air dingin secara lembut, jika nyeri dan pembengkakan berlanjut ulangi cara tersebut setelah beberapa jam.

Iutlah beberapa cara untuk mengobati luka pada bibir secara cepat dan alami, namun jika luka pada bibir belum juga sembuh sebaiknya segera periksakan bibir Anda pada dokter.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar