Skip to main content

7 CARA MENGHILANGKAN BIANG KERINGAT PADA BAYI


Biasanya biang keringat kebanyakan selalu menyerang para bayi, sehingga kondisi kulit bayi mengalami bintik-bintik dengan rasa panas dan gatal

Namun sebenarnya  tidak hanya bayi, orang dewasapun juga bisa terserang biang keringat, tetapi kondisi ini tidak membahayakan.

Munculnya biang keringat disebabkan saat Anda berada di suhu tinggi dan tubuh Anda merasa kepanasan, namun keringat terjebak dibawah kulit sehingga menjadi bintik-bintik yang menimbulkan rasa gatal dan panas.

Bayi mudah terserang dikarenakan bayi memiliki kelenjar keringat yang kecil sehingga tubuhnya belum dapat mengendalikan suhu tubuh, jadi  biang keringat lebih sering menyerang bayi daripada orang dewasa.

Berikut 7 cara menghilangkan biang keringat pada bayi antara lain :

1. JANGAN MENGGUNAKAN PAKAIAN PANAS

Pakaian bayi harus menggunakan bahan yang lembut, menyerap keringat dan juga adem, kebanyakan orang tua selalu memakaikan pakaian tebal dan panas pada bayinya, orangtua harus mengerti jika suhu terlalu tinggi maka pakaikanlah bayi hanya dengan 1 lapis baju agar sirkulasi udara tubuh bayi terjaga.

2. BASUH DENGAN AIR

Bila area biang keringat pada bayi Anda banyak, sebaiknya mandikan bayi dengan air dingin selama 5- 10 menit  jangan menggunakan sabun, agar tubuh bayi menjadi sejuk lalu keringkan tubuh bayi Anda dan gunakan pakaian yang menyerap keringat.

Namun bila biang keringat pada bayi Anda hanya sedikit dan muncul di area lipatan siku dan belakang leher, caranya mudah hanya dengan membasuhnya secara lembut dengan handuk kecil atau dengan kain menggunakan air dingin, dengan begitu dapat menurunkan suhu bayi dan membuat kulit menjadi lebih adem.

3. PINDAH KE TEMPAT SEJUK

Jangan membiarkan bayi Anda berada di tempat yang panas dan lembab karena akan membuat keringat bayi tidak keluar dan menumpuk di bawah kulit sehingga menimbulkan biang keringat, sebaiknya pindahkan bayi Anda ketempat yang lebih sejuk dan hindari bayi Anda terkena sinar UV secara langsung, karena akan membuat masalah pada kulit bayi Anda.

4. GUNAKAN ALOE VERA

Oleskan ekstrak gel aloe vera pada kulit bayi yang terkena biang keringat, karena aloe vera mengandung antiseptik dan antiinflamasi yang dapat mengatasi berbagai infeksi dan iritasi kulit.

5. GUNAKAN KRIM STEROID

Biang keringat juga dapat di atasi oleh krim steroid karena krim ini adalah obat topikal yang mmapu mengatasi berbagai masalah kulit, jadi bila biang keringat pada bayi Anda semakin parah, oleskanlah krim ini pada biang keringat. Namun Anda harus berhati-hati dalam menggunakan krim ini, sebelum digunakan bacalah petunjuk pemakaian.

6. GUNAKAN KRIM HYDROCORTISONE

Ini adalah obat topikal yang dapat mengatasi inflamasi kulit dan dapat digunakan untuk mengatasi biang keringat juga, oleskan 1% krim hydrocortisone pada kulit yang terkena biang keringat agar rasa gatal dan panas dapat berkurang. Namun ada efek samping dengan menggunakan krim ini, jadi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

7. GUNAKAN GARAM EPSOM

Campurkan air mandi bayi Anda dengan garam epsom agar rasa gatal berkurang dan bintik-bintik merah pun dapat hilang, namun cara ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut yah sahabat anima.

Itulah beberapa cara menghilangkan biang keringat pada bayi Anda jadi tolong perhatikan bayi Anda agar terbebas dari biang keringat sehingga bayi tidak akan rewel karena gatal dan panas biang keringat. Dan bila biang keringat pada bayi Anda semakin parah sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar