Skip to main content

7 CARA CEPAT MENGATASI TELINGA KEMASUKAN AIR


Ketika Kita sedang mandi atupun sedang berenang, mungkin Kita pernah mengalami telinga kemasukan air, dan hal tersebut sangat mengganggu karena telinga Kita akan terasa menyakitkan.

Nah Kita juga tidak boleh meremehkan air yang masuk kedalam telinga, karena air yang bercampur dengan kotoran telinga mengandung bakteri bisa menyebabkan infeksi lho.

Untuk mencegahnya marilah ikuti 7 cara cepat mengatasi telinga kemasukan air antara lain :

1. TETESKAN AIR KEDALAM TELINGA

Cara cepat yang pertama adalah dengan meneteskan air ke dalam telinga yang kemasukan air, dengan menyediakan air hangat dan meneteskannya ke telinga yang kemasukan air diamkan 3 detik lalu miringkan kepala dengan posisi telinga yang kemasukan air tersebut dibawah agar air dapat keluar dengan sendirinya.

2. GOYANGKAN CUPING TELINGA

Anda dapat memiringkan kepala Anda dengan posisi telinga yang kemasukan air berada dibawah lalu goyangkan kepala Anda dan bila tidak berhasil, Anda dapat menggoyang-goyangkan cuping telinga Anda secara perlahan dan lakukanlah terus hingga air dalam telinga keluar semua.

3. KOMPRES DENGAN AIR HANGAT

Kompreslah telinga Anda dengan menggunakan handuk bersih yang dibasahi dengan air hangat, lalu peras hingga kering kemudian tempelkan handuk pada telinga, namun miringkan terlebih dahulu telinga yang kemasukan air dibawah, diamkan selama 30 detik lalu lepaskan. Ulangi beberapa kali hingga air didalam telinga dapat keluar.

4. MENGGUNAKAN PENGERING RAMBUT

Bila Anda mempunyai hair dryer (pengering rambut), alat ini juga bisa digunakan untuk mengeluarkan air yang terjebak dalam telinga. Arahkan hair dryer dengan jarak kurang lebih 30 cm ke arah telinga yang kemasukan air, kemudian keringkan telinga dengan suhu yang paling rendah tentunya, goyangkan cuping agar air dalam telinga cepat keluar.

5. MENGGUNAKAN GARAM

Siapkan seperempat gelas garam yang sudah dipanaskan dalam microwave selama 1 menit, lalu bungkus garam dengan kain katun yang bersih kemudian tempelkan pada telinga yang kemasukan air, diamkan beberapa menit hingga garam tersebut dapat meresap air didalam telinga, lalu bersihkan telinga menggunakan kain basah.

6. MENGGUNAKAN TELAPAK TANGAN

Anda dapat menggunakan telapak tangan untuk menghisap air yang terjebak dalam telinga, miringkanlah kepala Anda agar posisi telinga yang kemasukan air berada dibawah, kemudian tempelkan telapak tangan Anda pada telinga yang kemasukan air kemudian tekan telinga lalu lepaskan maka air akan keluar dengan sendirinya.

7. MENGGUNAKAN MINYAK ZAITUN

Cara ini cukup mudah, dengan meneteskan 3-4 tetes minyak zaitun kedalam telinga yang kemasukan air, dan diamkan selama 30 detik maka air dalam telinga akan mengering dengan sendirinya dan setelah itu bersihkan kuping dengan kain basah.

Bila Anda sudah menerapkan cara tersebut diatas namun air dalam telinga tetap tidak mau keluar, maka Anda harus periksakan telinga Anda pada dokter spesialis agar air dalam telinga Anda dapat segera diobati agar tidak menimbulkan infeksi.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar