Skip to main content

6 LANGKAH MERANGSANG OTAK BAYI AGAR LEBIH AKTIF DAN CERDAS


Kemampuan otak bayi dalam menanggapi suatu kejadian di sekitarnya dimulai dari umur 0- 3 tahun,  jadi bayi membutuhkan dukungan untuk dapat mengoptimalkan kemampuan otak bayi Anda.

Dengan mengatur kebutuhan nutrisi yang dapat mendukung pengembangan otak bayi seperti omega 3 itu adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan, selain itu sentuhan, pandangan, pelukan dan berbagai kegiatan berupa komunikasi juga dapat membantu bayi Anda dalam merangsang kemampuan otaknya.

Nah inilah 6 langkah merangsang otak bayi agar lebih aktif dan cerdas antara lain :

1. MENGAJAK BAYI BERBICARA

Untuk menstimulasi kecerdasan otak bayi, rajinlah mengajak bayi berbicara walaupun terlihat sederhana namun cara ini sangat ampuh merangsang otak bayi. Namun perlu lebih diperhatikan  jenis dan jumah kata yang diucapkan,  lakukan kontak mata ketika berbicara dan  berbicaralah dengan intonasi yang menarik agar bayi mudah untuk meniru dan mengingatnya.

2. BONDING TIME

Jika Anda sering melakukan bonding time dengan bayi seperti menyusui, memandikan, menggantikan popok, bermain bersama nah hal itu semua dapat meningkatkan kecerdasaan bahkan meningkatkan IQ nya juga lho.

3. KENALKAN LINGKUNGAN SEKITAR

Dengan mengajak bayi Anda bermain ditaman, belanja ke supermarket dan beraktivitas di area sekitar sambil memperkenalkan hewan, suara dan warna maka hal tersebut dapat menambah kosakata dan meningkatkan otak bayi untuk berpikir.

4. MENGAYUN DAN MENIMANG BAYI

Ketika bayi masih didalam kandungan,bayi  melakukan jungkir balik didalam kandungan karena Ia sedang melatih otak kecilnya, jadi Anda juga harus memastikan agar bayi Anda juga mendapatkan rangsangan dengan mengayun, menimang, menggoyang  bahkan  menggantung terbalik pun dapat mendorong perkembangan dan pertumbuhan otak bayi Anda.

5. OLAH RAGA KECIL

Lakukan olahraga kecil ketika berganti popok, siapkan ruangan yang hangat dan nyaman ketika bayi sedang berganti popok agar bayi dapat menggerakkan tangan dan kakinya. Goyangkan kaki bayi seperti mengayuh sepeda, semakin besar bayi maka semakin banyak aktivitas yang harus dilakukan dan jangan lupa sempatkan untuk memijat dan menggelitik bayi Anda yah.

6. GUNAKAN PAKAIAN YANG NYAMAN

Pakaian yang berlebihan akan membuat bayi akan susah untuk bergerak, jadi pakai pakaian yang sesuai dengan suhu udara, jangan pakaikan sarung tangan terlalu lama dan gunakan ketika cuaca sedang dingin saja karena mengeksplorasi wajah,mulut, dan tubuh adalah salah satu kecakapan awal bayi Anda.

Nah itulah beberapa langkah yang dapat Anda terapkan agar bayi Anda menjadi lebih aktif dan lebih cerdas.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar