Skip to main content

6 BAHAN ALAMI MENGHILANGKAN FLEK HITAM PADA WAJAH


Tidak hanya jerawat, munculnya flek hitam pun sering kali mengganggu rasa percaya diri Kita. Flek hitam tersebut muncul dikarenakan gangguan pigmentasi kulit yang disebabkan dari sel-sel tertentu yang memiliki banyak melanin sehingga kulit terlihat lebih gelap.

Cara menghilangkan flek hitam, berbeda dengan jerawat karena jerawat yang dapat menimbulkan luka dan sering kali susah untuk dihapus sepenuhnya sedangkan flek hitam tidak menunjukkan kerusakan jangka panjang pada sel-sel folikel atau pori-pori dan kulit.

Selain menggunakan perawatan dari dokter kulit, Anda juga dapat menggunakan 6 bahan alami menghilangkan flek hitam pada wajah antara lain :

1. TEH HIJAU

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau memiliki efek depigmenting ketika diterapkan pada kulit, selain itu kantong teh hijaunya juga dapat meredakan flek hitam lho.

Rendamlah kantung teh hijau kedalam air matang selama 5 menit, kemudian keluarkan kantung teh hijau dari rendaman dan diamkan hingga suhu menurun, lalu gosoklah kantung teh hijau pada area yang terdapat flek hitam, lakukan 2x sehari hingga flek hitam menghilang.

2. PEPAYA

Buah pepaya mengandung enzim papain yang mampu menyamarkan noda hitam dan membuang sel-sel kulit yang telah mati, selain itu juga dapat mencegah munculnya flek hitam karena enzim papainnya mampu menghambat produksi tirosinase yang menyebabkan munculnya flek hitam pada wajah.

Hancurkan buah pepaya hingga halus, lalu oleskan pasta pepaya tersebut pada wajah hingga 25 menit kemudian bilas dengan air hangat. Setelah itu Anda juga dapat menambahkan serum dan pelembab agar wajah menjadi lebih lembut dan halus.

3. LEMON

Buah lemon mengandung vitamin C dan asam nitrat yang dapat dipercaya mampu menghilangkan flek hitam secara alami pada wajah Anda. Namun jangan pernah menggunakan lemon murni tanpa air pada wajah karena kandungan konsentrasinya justru tidak baik untuk wajah dengan kulit sensitif.

Buatlah jus lemon dengan air yang banyak agar encer, kemudian celupkan kapas pada jus lemon tersebut dan oleskan pada wajah yang terkena flek hitam dan diamkan selama 20 menit lalu bilaslah dengan air bersih tanpa sabun.

4. KEDELAI

Ekstrak kedelai bekerja dengan mencegah melanin masuk kedalam lapisan kulit, dan ekstrak ini telah terbukti mampu membantu untuk mencerahkan kulit.

Pada pagi dan malam hari oleskanlah ekstrak kedelai pada wajah yang terkena flek hitam, dan gunakanlah sebelum menggunakan pelembab.

5. SUSU

Buttermilk, sour milk, dan susu semuanya itu sudah terbukti efektif untuk mencerahkan warna kulit karena dalam kandungannya terdapat asam laktat yang bertanggung jawab atas flek hitam.

Rendamlah kapas di susu, lalu langsung usapkan pada wajah yang terdapat flek hitam, kemudian diamkan selama 10 menit kemudian bilaslah dengan air hangat.

6. TOMAT

Tomat kaya akan kandungan likopen yang mampu menjaga kesehatan kulit jangka pendek maupun jangka panjang. Tidak seperti bahan alami lainnya, penggunaan tomat tidak langsung dioleskan pada wajah yang terkena flek hitam namun dikonsumsi secara langsung yah.

Nah itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah Anda.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar