Skip to main content

5 MANFAAT SEKS SAAT HAMIL DAN RESIKONYA


Berhubungan intim saat hamil sebenarnya adalah sesuatu yang aman kecuali bidan atau dokter yang melarangnya. Dan perlu diketahui bahwa melakukan seks saat hamil tidak mengganggu janin, karena penis tidak bisa menembus area diluar vagina.

Berhubungan seks saat hamil pun ternyata memberikan manfaat dan keajaiban untuk kehamilan, kesehatan begitu pula untuk hubungan.

Nah inilah 5 manfaat seks saat hamil dan juga resiko yang mungkin terjadi antara lain :

1. MENGINDUKSI PERSALINAN

Manfaat seks saat hamil sangat membantu dalam proses persalinan menjadi lebih mudah dan tidak memerlukan bantuan eksternal untuk mengeluarkan janin karena berhubungan intim saat hamil dapat membantu mengkontraksi otot-otot panggul dan juga membantu membuka serviks dan justru dokter menganjurkan cara ini lho.

2. MENURUNKAN TEKANAN DARAH

Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan resiko preeklampsia yaitu suatu komplikasi yang dapat menyerang ibu hamil, nah dengan berhubungan intim saat hamil maka dapat menurunkan tekanan darah.

3. MEMBUAT TIDUR LEBIH NYENYAK

Gerakan tubuh saat berhubungan intim, dapat membantu janin tidur lho, sehingga tendangan yang dirasakan akan lebih sedikit sehingga ibu hamil bisa tidur dengan nyenyak.

4. MEMPERCEPAT PEMULIHAN PASCA PERSALINAN

Jika Anda sulit untuk melakukan latihan kegel, maka berhubungan intim adalah salah satu cara untuk melatih otot-otot panggul jelang persalinan dan yang akan mempercepat permulihan usai persalinan.

5. MENGURANGI STRES

Hormon cinta dapat membantu menghilangkan stres dan membuat tidur lebih nyenyak, jadi Anda tidak akan terpikirkan untuk memikirkan hal-hal yang dapat membuat Anda stres.

Resiko hubungan seks saat hamil dapat memiliki resiko tinggi bila Anda memiliki kehamilan yang beresiko, seperti wanita yang beresiko mengalami persalinan prematur harus menghindari berhubungan intim karena air mani mengandung zat yang dapat membuat rahim berkontraksi. Selain itu bila Anda mengalami pendarahan hebat saat hamil, itupun tidak dianjurkan untuk berhubungan intim karena dapat meningkatkan resiko pendarahan lebih lanjut jika plasenta rendah.

Resiko lainnya yang tidak boleh berhubungan seks saat hamil seperti memiliki riwayat keguguran, mengalami kram, selaput ketuban mengalami kebocoran atu pecah, leher rahim elah melebar lebih awal, dan mengandung anak kembar.

itulah manfaat seks saat hamil dan resikonya yang perlu Anda ketahui, dan untuk lebih pastinya sebaiknya Anda tanyakan pada dokter kandungan Anda apakah kehamilan Anda boleh melakukan hubungan seks.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar