Skip to main content

5 MANFAAT PIJAT PAYUDARA BAGI PARA WANITA


Bagi semua wanita bila merasa pegal, pasti hanya memijat tubuh yang terasa pegal saja namun melewatkan pijatan pada payudara. Sebenarnya bila memijat payudara dapat menjaga kesehatan dari organ penting bagi para wanita.

Sesungguhnya tujuan yang paling penting dalam memijat payudara adalah untuk membersihkan tubuh dari racun yang berbahaya serta dapat membuat bentuk payudara menjadi indah.

Anda bisa melakukan pijatan ringan hingga sedang dan membelai payudara secara perlahan dengan melakukannya sendiri ataupun dengan bantuan suami Anda.

Inilah 5 manfaat pijat payudara bagi para wanita antara lain :

1. MEMPERLANCAR ASI

Bagi ibu hamil, pemijatan payudara berfungsi untuk menguatkan dan melenturkan puting susu dan juga dapat merangsang kelenjar-kelenjar air susu agar dapat memperoduksi ASI yang banyak dan lancar. Selain itu setelah persalinan pemijatan payudara berfungsi untuk merangsang dan meningkatkan volume ASI, serta mencegah pembengkakan payudara dan lakukanlah pemijatan tersebut setelah hari kedua persalinan.

2. MEMBENTUK PAYUDARA

Fungsi lainnya dalam pemijatan payudara adalah bisa  merangsang sirkulasi dalam menjaga jaringan payudara sehat dan juga dapat memperkuat ketahanan jaringan otot serta membangun ketahanan pada ligamen. Dengan begitu payudara akan menjadi kencang dan tidak kendur sehingga bentuk payudara menjadi lebih menarik.

3. MENURUNKAN RESIKO KANKER PAYUDARA

Penyakit kanker payudara dapat tumbuh salah satunya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, dan sirkulasi yang tidak lancar juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker yang ekstrem didalamnya. Bila Anda rutin memijat payudara sebelum tidur maka potensi untuk terkena kanker payudara akan menurun dan sekaligus dapat merelaksasi tubuh.

4. MEMBUAT AWET MUDA

Mengapa ibu menyusui memiliki wajah yang lebih cerah dan juga memiliki tubuh yang lebih bugar?? Ya, itu karena gerakan mulut bayi ketika menyedot payudara dapat merangsang produksi hormon oksitosin dan prolaktin yang bersifat merelaksasi tubuh dan melancarkan metabolisme sel. Jadi dengan melakukan pemijatan payudara akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan tampak lebih awet muda.

5. MELANCARKAN SISTEM KERJA LIMFATIK

Secara tidak langsung bila Anda memijat payudara, selain menyehatkan payudara juga membantu melancarkan sistem kerja limfatik pada kelenjar limfa. Nah dengan begitu pemijatan payudara yang dilakukan bermanfaat juga untuk membantu melancarkan proses pembuangan racun pada tubuh yang terperangkap didalam sistem limfatik serta melancarkan peredaran darah untuk membawa cukup nutrisi ke jaringan payudara.

Luangkanlah waktu Anda sekitar 10-15 menit setiap harinya untuk memberikan pijatan pada payudara dengan cara :

Letakkanlah satu tangan pada atas payudara dan satu tangan lagi dibawah payudara, lalu pijatlah dengan gerakan melingkar dengan memberikan sedikit tekanan dan lakukan hal yang sama pada payudara satunya.

Dan bila ingin mengecek apakah ada benjolan yang beresiko kanker, lakukanlah pemijatan tersebut didepan cermin dengan mengangkat salah satu tangan keatas dan tangan lainnya digunakan untuk memijat semua bagian payudara, lakukanlah pijatan tersebut sampai kebagian ketiak, ulangi pijatan tersebut pada payudara bagian lainnya dan akhiri pijatan dengan sedikit meremas bagian puting susu, jika merasakan sakit yang tidak normal maka segeralah periksakan ke dokter.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar