Skip to main content

5 MANFAAT KACANG ALMOND BAGI IBU HAMIL DAN RESIKONYA


Salah satu nutrisi dan vitamin yang lengkap bagi ibu hamil ada pada kacang almond, nah disini kacang almond adalah salah satu jenis kacang yang paling popular karena selain enak juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang almond dalam takaran 28 gram yaitu 37% vitamin E dari refrensi asupan harian (RDI), 6 gram protein, 32% mangan dari RDI, 20% magnesium dari RDI, 3,5 gram serat, dan 14 gram lemak. Selain itu vitamin B, seng, zat besi, tembaga, asam folat, asal nitrat, kalsium, sodium, vitamin, dan fosfor dalam jumlah yang cukup juga terkandung didalam kacang almond.

Nah inilah 5 manfaat kacang almond bagi ibu hamil antara lain :

1. MEMBANTU PERTUMBUHAN JANIN

Kandungan magnesium yang terdapat pada kacang almond, dipercaya mampu untuk pertumbuhan janin agar tetap sehat dan membantu perkembangan sistem saraf pusat pada janin. Selain itu magnesium berfungsi untuk mengurangi resiko janin preeclampsia dan tumbuh lambat.

2. MELANCARKAN METABOLISME

Sumber lemak dan sumber karbohidrat pada kacang almond bermanfaat untuk meningkatkan respon metabolisme, peradangan, mengontrol kadar gula, dan mengurangi stres oksidatif. Tidak hanya itu, kacang almond juga baik untuk ibu hamil yang obesitas karena mampu mengurangi berat badan ibu hamil namun tetap membantu menambah berat bayi sesuai perkembangannya.

3. MEMBANTU PERKEMBANGAN OTAK BAYI

Ini adalah manfaat yang paling utama bila mengkonsumsi kacang almond, karena kandungan asam folatnya mampu membantu perkembangan system saraf dan otak bayi dan juga mencegah cacat Tabung saraf bayi. Selain kacang almond, ibu juga bisa mengkonsumsi buncis, kacang merah, kacang kedelai, kacang merah, dan kacang haricot untuk mendukung tumbuh kembang bayi ibu hamil.

4. MENCEGAH HIPERTENSI

Hipertensi umumnya akan terjadi pada ibu hamil, dan ini tidak diboleh dibiarkan karena akan menyebabkan preeklamsia, nah disini ibu hamil dapat mengkonsumsi kacang almond, karena kandungan kalsiumnya dapat mengurangi resiko hipertensi dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi.

5. MENAMBAH MASSA OTOT BAYI

Nilai protein yang cukup pada kacang almond dapat membantu perkembangan massa otot bayi dalam pertumbuhannya dan juga dapat membantu bayi lahir dengan berat badan yang sehat. Selain itu juga dapat menambah energy dan kekuatan pada ibu agar dapat menangani rasa sakit saat melahirkan.

RESIKO KACANG ALMOND :

Namun disini juga ada bahaya dari kacang almond bagi ibu hamil yaitu dapat membuat kembung atau sembelit karena seratnya yang tinggi sebenarnya mampu membantu melancarkan pencernaan namun bila ibu hamil tidak biasa mengkonsumsi serat dalam jumlah yang banyak maka akan membuat kembung atau sembelit.

Selain itu kacang almond mengandung 48% vitamin E, sehingga jika terlalu banyak mengkonsumsi kacang almond setiap harinya akan membuat ibu hamil menjadi diare, sakit kepala dan penglihatan menjadi kabur.

Sebaiknya ibu hamil dapat mengkonsumsi 1 ons , jangan mengkonsumsi lebih dari itu agar tidak menimbulkan bahaya bagi ibu hamil.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar