Skip to main content

5 CARA EFEKTIF MENGATASI DEPRESI PASCA MELAHIRKAN


Sebagian wanita mengalami depresi saat melahirkan, dan hal ini adalah hal yang wajar dialami oleh ibu muda namun jangan pernah membiarkan hal tersebut karena bila dibiarkan dapat mengancam fisik dan mental ibu maupun bayi.

Pada umumnya ibu pasca melahirkan akan merasakan berbagai perasaan seperti bahagia, emosi, sedih, haru hingga perasaan khawatir yang sulit untuk di ungkapkan. Emosi inilah yang dirasakan saat mengandung hingga melahirkan dan biasa disebut dengan baby blues dimana terbawa rasa cemas dan khawatir terkait ibu dan bayi.

Ibu selalu merasa khawatir dan selalu berpikiran negatif apabila dirinya tidak dapat mengurus bayinya dengan baik nantinya, namun bila pikiran negatif tersebut dibiarkan maka  kondisi tersebut akan menjadi serius dan bertambah parah.

Untuk menghindari hal tersebut maka ikutilah 5 cara efektif mengatasi depresi pasca melahirkan antara lain :

1. MINTA DUKUNGAN KELUARGA

Jangan segan untuk meminta dukungan dan bantuan dari keluarga bahkan kerabat dekat Anda, agar dapat mengajari hal terpenting cara mengurus bayi atau tidak hanya sekedar menemani Anda. Jalinlah hubungan sosial dengan ibu-ibu lainnya agar dapat bertukar cerita atau berbagi solusi dalam merawat bayi. Hal yang terpenting adalah peran suami dalam bekerja sama membantu Anda untuk menjaga serta merawat bayi.

2. BONDING TIME

Ikatan dengan bayi sangat dibutuhkan, Ibu harus lebih tenang dan pelan-pelan dalam membangun ikatan  kasih dengan bayi. Ikatan antara ibu dan bayi akan terjalin secara natural, kasih sayang dan perhatian akan mmepengaruhi tumbuh kembang bayi nantinya. Anda bisa memijat, bermain, dan menjaga bayi Anda sehingga ikatan emosional tersebut dapat terbentuk, dengan begitu depresi yang Anda rasakan akan sembuh dengan sendirinya.

3. MERAWAT DIRI SENDIRI

Anda juga perlu dalam merawat diri Anda sendiri, sembari merawat bayi maka Anda dapat melakukan hal seperti  mendapatkan tidur yang cukup, konsumsi makanan yang sehat, me time, refresing sejenak, dan yang paling penting tanamkan dalam pikiran Anda bahwa Anda bisa menjadi ibu terbaik buat bayi Anda.

4. OLAHRAGA

Penelitian telah membuktikan bahwa aktivitas fisik dapat membantu untuk mengurangi depresi pasca melahirkan, namun olahraga ringan saja yah. Berjalan santai di pagi hari dan menghirup udara segar sangat di anjurkan untuk Anda, tidak hanya itu Anda juga bisa mengikuti senam kebugaran seperti yoga, pilates atau senam khusus pasca melahirkan.

5. MEDITASI

Lakukanlah meditasi setiap hari selama 15 menit dengan cara duduk dalam posisi yang nyaman dan dengan suasana yang tenang, bila perlu sambil mendengarkan musik yang menenangkan juga yah, tutup mata, atur nafas, maka dengan cara ini Anda akan menjadi lebih tenang dan stress pun hilang.

Jadi ibu harus segera mengatasi depresi yang dialami pasca melahirkan yah, dan terapkanlah cara tersebut diatas agar membantu Anda untuk mengurangi depresi.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar