Skip to main content

WASPADA!!! 7 PANTANGAN IBU HAMIL


Ibu hamil pasti tidak mau ada hal yang buruk terjadi pada bayi dalam kandungannya, Nah untuk melindungi bayinya, ada beberapa pantangan yang sebaiknya Ibu hindari karena dapat membahayakan janin dalam kandungannya.

Mari Kita waspada!!! 7 pantangan ibu hamil :

1. SUSU MENTAH

Disini susu yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah susu yang tidak dipasteurisasi atau susu mentah, hal itu dikarenakan susu tersebut belum melalui proses pasteurisasi yang bertujuan untuk menghilangkan bakteri jahat menggunakan suhu yang panas.

Susu yang tidak melalui proses tersebut, dapat beresiko mengandung bakteri listeria yang bisa menyebabkan keguguran atau penyakit serius lainnya.

2. MAKANAN MENTAH  ATAU TIDAK MATANG

Jika ibu memakan telur atau daging yang kurang matang, maka akan mengalami penyakit yang disebabkan oleh bakteri listeria, salmonella, parasit toxoplasma, serta ibu akan mengalami keracunan makanan, sehingga beresiko mengalami keguguran atau bayi lahir cacat.

3. SAUNA

Keguguran dan cacat lahir dapat meningkat dua kali lipat dikarenakan berendam air panas atau sauna terlalu lama, untuk itu hindarilah mandi air panas tersebut dan disarankan untuk membatasi waktu mandi tidak lebih dari 10 menit.

4. POLA TIDUR KURANG

Terutama trimester ketiga kehamilan, banyak para ibu yang  mengalami susah tidur namun jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi kehamilan.

Riset mebuktikan bahwa susah tidur atau imsomnia bagi ibu hamil dapat meningkatkan resiko terkena hipertensi, diabetes, preekamsia dan depresi pasca melahirkan.

Untuk itu, bagi ibu hamil sebaiknya atur pola tidur yang baik dan cukup, ciptakan suasana nyaman saat tidur dan yang terutama hindrai stress.

5. MENGKONSUMSI KAFEIN BERLEBIHAN DAN MINUMAN BERALKOHOL

Perhatikan takaran kafein pada kemasan minuman yang ibu minum, karena kafein tidak hanya ada pada kopi, namun pada teh, coklat dan minuman berenergi lainnya juga.

Jika ibu mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat meningkatkan kemungkinan keguguran dan kemungkin bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Begitu pula minuman beralkohol, disarankan tidak mengkonsumsi minuman berlakohol karena janin dalam proses pembentukan sistem syaraf yang dapat membuat bayi mengalami gangguan kemampuan belajar, gangguan perilaku dan hambatan tumbuh kembang.

6. BERAT BADAN BERLEBIH

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko kenaikan tekanan darah, menderita diabetes pada kehamilan dan meningkatkan obesitas pada anak nantinya.

Jadi sebaiknya ibu pada trimester kedua,hanya perlu menambah 340 kalori perhari, dan sedangkan pada trimester ketiga, hanya perlu menambah 450 kalori perhari.

7. MEROKOK

Merokok dan menghirup asap rokok bagi ibu hamil sangat tidak baik dikarenakan dapat mengakibatkan bayi dalam kandungannya dapat lahir dengan berat badan yang kurang.

Selain itu dapat meningkatkan resiko pada bayi, seperti infeksi dan tumbuh kembang bayi tersebut.

Demikianlah pantangan bagi ibu hamil yang harus di perhatikan untuk kesehatan janin yang berada dalam kandungan. Dan untuk lebih pastinya, ibu dapat menemui dokter kandungan untuk memeriksa kesehatan ibu dan janin dalam kandungan agar sehat selalu.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar