Skip to main content

RUTIN MENGKONSUMSI TEMPE, SEHAT TIDAK??


Tempe adalah makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat, tidak hanya dijadikan lauk, tempe juga biasanya di jadikan makanan cemilan.

Kandungan gizi pada tempe secara keseluruhan sangat tinggi, walaupun Anda sudah mengolahnya, kandungan gizinya tidak kan hilang. Tempe juga bisa dijadikan pengganti daging karena tinggi kandungan nutrisinya sangat baik bagi kesehatan.

Selain itu, jika Anda rutin mengkonsumsi tempe maka dapat membantu mengaktifkan sel imun tubuh sehingga bisa mencegah datangnya penyakit dengan efektif.

Proses fermentasi untuk membuat tempe sangat istimewa, karena membuat tempe memiliki kandungan zat besi hingga 2,5 kali lipat dibandingkan dengan makanan hasil fermentasi lainnya. Namun sebuah penelitian mengatakan bahwa tempe yang digoreng mengalami penurunan kadar isoflavon hingga 50%.

Karena itulahh sebaiknya Anda dapat lebih cermat dalam mengolah tempe demi mendapatkan nutrisi sehat tempe yang maksimal.

Banyak sekali manfaat dari tempe untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan antara lain :

1. SANGAT BAIK UNTUK IBU HAMIL DAN IBU MENYUSUI

Dengan rutin mengkonsumsi tempe bagi ibu hamil dan menyusui,maka dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan buah hatinya.

2. BAIK UNTUK DIABETES

Tempe memiliki kandungan isoflavon dan serat yang mampu mengkontrol kestabilan gula darah dan mampu memperbaiki resistensi insulin. Nah konsumsilah tempe karena dapat membantu menurunkan resiko diabetes, dan makanan ini baik pula dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe II.

3. SUMBER PROTEIN 

Banyak para vegetarian yang mengkonsumsi tempe sebagai menu pengganti daging untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, selain itu dapat menjaga jaringan otot adalah untuk menghasilkan enzim proteolitik yang bisa mencegah rantai protein sehingga dapat diserap oleh tubuh.

4. SUMBER KALSIUM

Umumnya jika Kita membahas tentang kalsium , pasti Kita akan langsung teringat pada susu. Namun faktanya, tempe juga bisa dijadikan sebagai sumber kalsium yang tidak jauh berbeda dengan susu.

5. MAKANAN UNTUK DIET

Kandungan vitamin B kompleks pada tempe sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi ketika sedang diet, karena salah satu makanan untuk diet adalah makanan yang mengandung tinggi serat, rendah lemak, tinggi protein dan semua itu ada pada tempe.


BAHAYA TEMPE

Namun ternyata ada pula bahaya dari tempe, karena terbuat dari kacang kedelai memiliki kandungan phytoestrogen yang berpengaruh pada kinerja hormon estrogen pada wanita.

Pada wanita yang beresiko kanker, adanya phytoestrogen bisa jadi pemicu kanker, selain itu bagi penderita asam urat juga tidak di anjurkan mengkonsumsi tempe secara berlebihan karena biasanya penderita asam urat disarankan untuk menghindari zat purin tinggi.

Namun pada dasarnya zat purin pada tempe itu rendah, jadi bisa dikonsumsi bagi penderita asam urat, tapi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebih dan jangan dikonsumsi setiap hari.

Nah Anda sudah mengetahui apakah tempe baik bagi kesehatan atau tidak?? itu semua tergantung dari kesehatan Anda. Jika Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya pergilah ke dokter dan periksakan kondisi kesehatan Anda, agar Anda dapat mengetahui apakan tempe baik  dikonsumsi untuk kesehatan Anda atau tidak.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar