Skip to main content

KENALI!!! 8 GEJALA SERANGAN JANTUNG YANG UMUM TERJADI


Serangan jantung terjadi karena pasokan darah ke jantung tersumbat, dan disini adalah keadaan darurat medis serius yang harus segera mendapatkan penanganan, karena jika tidak segera di tangani akan mengakibatkan kematian. Jadi jangan pernah anggap sepele penyakit tersebut dan kenali gejala-gejalanya.

Serangan jantung tidak selalu muncul mendadak lho, kadang beberapa hari atau beberapa minggu sebelumnya, dan bisa jadi penderita tidak mengalami gejala sama sekali, terutama pada penderita diabetes, wanita dan lansia.

Marilah kenali!!! 8 gejala serangan jantung yang umum terjadi antara lain :

1. SESAK NAFAS

Jantung yang tidak lagi efektif dalam memompa darah, dapat menyebabkan paru-paru tidak dapat berkerja secara maksimal sehingga sesak nafas dapat terjadi. Karena fungsi dari jantung adalah memompa darah sehingga dapat bersikulasi ke jaringan dan mendapat oksigen dari paru-paru.

2. SAKIT DADA

Sakit dada akibat serangan jantung biasanya terjadi tidak terlalu singkat, namun hingga beberapa menit lho.

Dan pada umumnya, jika dada disentuh atau ditekan tidak akan bertambah sakit. Sebagian orang merasakan seperti ditindih beban berat di bagian dada, dan sebagian lainnya seperti sensasi terbakar atau dicubit.

3. NYERI PADA BAGIAN KIRI TUBUH

Rasa nyeri sebagai gejala serangan jantung ini dapat menjalar hingga ke lengan bagian kiri, dan sebagian penderita merasakan gejala ini setelah gejala nyeri dada, dan sebagian lagi merasakan nyeri tangan sebagai gejala awal yang kemudian diikuti dengan nyeri dada.

4. MUDAH LELAH

Lelah yang dirasakan wanita lebih sering muncul sebagai gejala serangan jantung di bandingkan dengan pria. Dan banyak juga para wanita yang merasakan kelelahan berlebihan tanpa penyebab jelas selama berhari-hari sebagai gejala serangan jantung.

5. SERING BERKERINGAT

Keringat dingin adalah salah satu gelaja serangan jantung, hal tersebut disebabkan tersumbatnya arteri, sehingga jantung melakukan upaya lebih untuk memompa darah, tubuh pun akan menjadi lebih berkeringat karena berusaha menjaga suhu tubuh. Jadi jika Anda merasakan keringat dingin di sertai gejala serangan jantung lainnya, maka segeralah periksakan diri Anda secepat mungkin.

6. KAKI BENGKAK

Akan terjadi pembengkakan pada kaki karena darah tidak memompa seefektif seharusnya, dan hal tersebut menyebabkan darah kembali ke pembuluh darah sehingga menyebabkan pembengkakan.  Kondisi akan semakin parah bila diikuti dengan gagal jantung, sehingga dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak air dan natrium dalam tubuh, sehingga pembengkakan dapat terjadi.

7. DETAK JANTUNG TIDAK BERATURAN

Tidak teraturnya irama jantung ini juga bisa disebabkan oleh rasa yang tidak nyaman dan cemas selama gejala serangan jantung lainnya muncul.

Detak jantung yang tidak beraturan dapat menjadi tanda bahwa jantung bekerja tidak normal atau tidak seperti biasanya.

8. GANGGUAN PENCERNAAN

Gejala serangan jantung lainnya adalah gangguan pencernaan dan gejala ini lebih sering dialami oleh para wanita karena para pria jarang memiliki gejala ini.

Permasalahan gangguan pencernaan bisa seperti muntah, mual, sakit perut, dan heartburn. Namun gejala ini bisa juga disebabkan oleh faktor lain, seperti salah mengkonsumsi makanan, jadi apabila gangguan pencernaan dibarengi dengan gejala serangan jantung lainnya, maka Anda harus segera mendapatkan perawatan medis.

Nah itulah beberapa gejala serangan jantung yang harus Anda ketahui,Apabila Anda merasakan gejala-gejala tersebut diatas maka segerahlah ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar