Skip to main content

INGAT!!! 6 BAHAYA GADGET BAGI ANAK


Sebenarnya gadgel sangat bermanfaat untuk memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia, Namun faktanya gadget sangat bahaya bagi kesehatan khususnya anak-anak.

Seorang anak pasti akan fokus untuk bermain game menggunakan gadget, dan pasti tidak ingin diganggu dengan aktifitas lain sehingga mereka lupa akan tugas-tugas untuk belajar.

Perlu Anda ketahui, bahwa Organisai Kesehatan Dunia sudah menetapkan bahwa kecanduan game adalah penyakit gangguan mental yang disebabkan karena Seorang Anak yang larut dalam permainan game, biasanya akan lupa waktu dan tidak bisa mengendalikan diri karena terus adiktif untuk bermain game.

Berikut ini adalah hal yang perlu di ingat!!! 6 bahaya gadget bagi anak :

1. MERUSAK MATA

Gadget dapat merusak kesehatan terutama dapat mempengaruhi kesehatan mata, karena dapat menyebabkan kontraksi otot cilliaris didalam bola mata, atau yang biasa dikenal dengan istilah akomodasi.

Cahaya biru dalam gadget memiliki gelombang yang dapat masuk kedalam bola mata, salah satunya adalah retina. Nah sebaiknya paparan biru dapat dihindari sejak dini karena dapat memberikan efek buruk pada retina dalam jangka waktu yang panjang.

2. POLA TIDUR TERGANGGU

Pola tidur yang tidak baik dapat mempengaruhi menurunnya kemampuan untuk fokus, sehingga dapat membuat Anak selalu mengantuk disiang hari. Pola tidur yang cukup, sangat diperlukan bagi Anda untuk tumbuh kembang Anak tersebut.

3. TERLALU BANYAK TERKENA RADIASI

Pembatasan bermain gadget sangat perlu di terapkan pada anak, karena tidak hanya untuk anak, untuk orang dewasapun radiasi terlalu banyak sangat berbahaya karena dapat dikaitkan dengan kanker.

4. MENURUNKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK DAN KEMAMPUAN KOGNITIF

Seorang anak yang banyak bermain gadget tidak bisa mengeksplor seluruh bakat psikomotorik yang dimilikinya, dan membuat kecanduan dengan mendapatkan kesenangan dengan pola satu arah, hal ini membuat anak jadi lebih senang bermain gadget dibanding bermain dengan teman-temannya.

Selain itu juga dapat menurunkan kemampuan kognitif anak, sehingga anak lebih senang bermain dari pada belajar dan demikian dapat menurunkan kemampuan akademiknya.

5. MENJADI LEBIH AGRESIF

Sifat agresif akan muncul bila anak selalu bermain game, dan nonton video internet yang penuh dengan kekerasan. Kondisi ini akan mempengaruhi keterampilannya dalam berpikir dan mengendalikan emosi.

6. MEMPENGARUHI MENTAL ANAK

Bahaya gadget ini harus benra-benar Anda waspadai, muculnya mental depresi, kesepian, kecemasan dan perubahan suasana hati yang berlebihan dapat meningkatkan autisme pada anak.

Kondisi yang menyebabkan depresi dan kecemasan terjadi dikarenakan Anak yang bermain gadget lebih dari 6 jam dapat memiliki emosi yang tidak stabil.

Sebaiknya para orang tua menjauhkan gadget dari anak-anak, dan menemani Anak bermain diluar agar kreatifitas dan kemampuan anak lebih meningkat.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar