Skip to main content

IBU PERLU KENALI!! 7 CIRI-CIRI BAYI TUMBUH GIGI


Ibu pasti akan merasa senang melihat pertumbuhan gigi pertama bayinya, namun pertumbuhan gigi pada bayi dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi ibu.

Untuk itu ibu harus tahu apa saja yang dapat dilakukan agar dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada bayi ibu, sebagian besar bayi tumbuh gigi pertamanya pada usi 6 bulan namun beberapa bayi juga bisa tumbuh gigi pertama pada usia 3 bulan lho. Tapi ibu juga tidak perlu khawatir karena sebagian lagi juga gigi pertama bayi tumbuh sampai setelah usia satu tahun.

Nah disini ibu perlu kenali!! 7 ciri-ciri bayi tumbuh gigi agar ibu bisa mengerti mengapa bayi Ibu rewel :

1. SUSAH MAKAN

Bayi pasti akan menolak minum susu ataupun ketika di beri makanan, karena  bila bayi rewel biasanya mudah di tenangkan dengan puting payudara atau dengan botol susu, tetapi dengan menghisap payudara maupun botol susu dapat membuat gusi bayi menjadi terasa sakit.

2. DEMAM RINGAN

Jika gigi bayi tumbuh, maka gusi dapat meradang dan terkadang dapat menimbulkan demam ringan, hal tersebut dikarenakan bayi akan kehilangan kekebalan dan lebih rentan terhadap infeksi. Jika demam tidak turun selama 3 hari, maka sebaiknya segeralah periksakan bayi ibu ke dokter.

3. SERING NGILER

Pertumbuhan gigi pada bayi dapat merangsang air liur dan saluran air pada mulut bayi, dan hal ini dapat terjadi pada bayi yang berusia mulai dari 10 minggu sampai 4 bulan dan air liur akan keluar begitu banyak dari mulut bayi.

4. SUKA MENGIGIT

Ciri selanjutnya adalah bayi akan lebih suka menggigit sesuatu yang di pegangnya, bahkan dapat pula mengigit puting ibu ketika sedang disusui. Karena tekanan gigi yang tumbuh dari bawah gusi, dapat menyebbakan bayi menjadi tidak nyaman sehingga bayi menjadi ingin terus mengigit.

5. MUNTAH ATAU BATUK

Dikarenakan didalam mulut bayi terdapat banyak sekali air liur, bayi ibu akan beresiko tersedak ketika menelan, hal tersebut biasanya di tandai muntah ataupun batuk. Bayi belum dapat mengendalikan otot dan saraf didalam mulut dan tenggorokannya, namun bila muntah dan batuk tidak disertai flu atau diare, maka ibu tidak perlu khawatir.

6. SERING MENANGIS

Jaringan gusi yang masih sangat rawan dapat mengalami peradangan, terutama pada bayi yang baru tumbuh gigi dan akan menyebabkan nyeri dan akan terasa menyakitkan sehingga bayi akan sering menangis karena nyeri dan sakit tersebut.

7. GUSI BENGKAK

Jika gusi bayi ibu menjadi merah dan membengkak, itu adalah hal yang wajar karena giginya mau tumbuh. Ibu dapat memberikan pijatan lembut pada gusi yang bengkak  dengan jari yang bersih, semakin lama pasti bayi akan merasa nyaman setelah gusinya di pijat ringan.

Itulah beberapa ciri-ciri bayi tumbuh gigi, jadi ibu harus mengenali agar ibu mengetahui kondisi bayi ketika tumbuh gigi dan memberika solusi terbaik untuk kenyamanan bayi ibu .

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar