Skip to main content

IBU HAMIL WAJIB TAHU!! 8 CARA MENCEGAH KEGUGURAN


Para Ibu pasti sangat bahagia bila tahu bahwa dirinya positif hamil, dan para ibu pasti akan menjaga kandungan supaya bayi dalam kandungannya lahir dengan sehat, selamat dan tanpa kurang suatu apapun.

Ibu hamil harus lebih eksta berhati-hati untuk menjaga kandungannya agar bayi dalam kandungan tumbuh dan berkembang dengan sehat, dan hal tersebut dikarenakan janin yang masih muda sangat rentan untuk gugur dari rahim Ibu.

Jadi ibu hamil wajib tahu!! 8 cara mencegah keguguran antara lain :

1. POLA HIDUP SEHAT

Hindarilah faktor resiko yang sudah pasti tidak sehat untuk perencanaan hamil juga untuk mencegah keguguran alami, berolahraga ringan secara teratur, konsumsi makanan sehat dan seimbang selama hamil, memiliki pertambahan berat badan yang sehat, dan cukup tidur.

2. JANGAN SEMBARANGAN MINUM OBAT

Ibu hamil sangat rentan sekali terserang diare, pusing ataupun pegal, nah beberapa para ibu untuk mengobatinya ibu akan minum obat yang di jual di sembarang tempat. Nah Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya ibu berkonsultasi terlebih dahulu, obat apa yang baik di minum agar tidak mempengaruhi kesehatan janin dalam rahim.

3. HINDARI MENGANGKAT BEBAN BERAT

Ibu hamil yang masih muda, sebaiknya menghindari untuk mengangkat beban yang berat, hal tersebut dikarenakan ketika mengangkat beban berat otot perut akan ikut bekerja.

Resikonya jika otot perut digunakan untuk mengangkat beban berat, maka janin dapat terlepas dari dinding rahim karena otot dinding rahim mengalami peregangan.

4. HINDARI MAKANAN PANTANGAN

Cara lainnya untuk mencegah keguguran adalah menghindari makanan yang dilarang untuk ibu hamil, karena dengan mengkonsumsi makanan dan buah  yang sifatnya panas di perut dapat membuat rahim gugur atau keguguran.

5. GUNAKAN PAKAIAN LONGGAR

Sebaiknya selama hamil, ibu jangan menggunakan pakaian ketat karena bisa menyebabkan kondisi rahim tertekan sehingga resiko untuk janin keluar dari rahim pun semakin besar. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu hamil dapat menggunakan pakaian longgar dan nyaman, begitu juga dengan bra dan cd yang digunakan.

6. MENGKONSUMSI ASAM FOLAT

Selama proses kehamilan, asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Karena jika kurang mengkonsumsi asam folat dapat menyebabkan janin mengalami kecacatan dan berkembang tidak sebagaimana mestinya, dan bisa juga menyebabkan janin akan rentan untuk mengalami keguguran.

7. HINDARI ROKOK 

Jika ibu menginginkan anak cerdas sejak dalam kandungan adalah dengan menghindari rokok dan asap rokok, karena rokok dan asap rokok dapat mengganggu pertumbuhan dan kesehatan janin. Zat nikotinnya pun  bisa menyebabkan janin dalam kandungan terlepas dari dinding rahim.

8. HINDARI ALKOHOL

Alkohol adalah minuman yang sifatnya panas dan sangat keras, jadi jika minuman tersebut masuk kedalam tubuh maka dapat menyebabkan panas dalam rahim sedangkan janin dalam rahim tidak dapat menerima panas, sehingga janin dapat keluar dari rahim.

Ibu hamil harus lebih waspada dalam menjaga janin yang berada dalam rahimnya, dan sebaiknya ibu selalu memeriksakan kondisi dan kesehatan dan apa saja ke pada dokter kandungan, agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dalam rahim ibu.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar