Skip to main content

9 TANAMAN HERBAL DI PEKARANGAN RUMAH DAN BUMBU DAPUR BISA JADI OBAT


Toga ( tanaman obat keluarga ) bisa disebut juga dengan tanaman herbal, dan sangat beragam jenis dan manfaatnya.

Dari tanaman berdaun, bunga, akar dan buahnya pun tanpa Anda sadari dapat menjadi pilihan untuk di jadikan obat herbal.

Tidak hanya tanaman di perkarangan rumah Anda, namun bumbu dapur pun dapat Anda kelola menjadi obat herbal, dan sesungguhnya obat herbal adalah obat yang sangat ampuh dan tidak memiliki efek samping jika di konsumsi setiap hari.

Berikut 9 manfaat tanaman herbal di pekarangan rumah dan bumbu dapur yang bisa jadi obat :

1. JERUK NIPIS

Banyak sekali Orang yang menanam tanaman ini di pekarangan rumahnya, karena daunnya dapat digunakan untuk bumbu dan pengharum masakan, buahnya pun dapat di peras untuk di jadikan minuman.

Untuk menghilangkan batuk dan melancarkan dahak, jeruk nipis sangat ampuh, dan jika menkonsumsi jeruk nipis akan terhindar dari penyakit amandel, ambeien, vertigo, batu ginjal, tekanan darah tinggi dan lainnya.

2. BELIMBING WULUH

Anda pasti sudah tau tanaman ini, buah yang memiliki kandungan vitamin C dan kandungan air yang sangat banyak, dan juga memiliki kandungan asam osalat yang baik di gunakan untuk orang yang bermasalah dengan organ ginjal.

Selain digunakan untuk buah rujak, biasanya belimbing wuluh di gunakan untuk bumbu dapur yang berfungsi sebagai membuat rasa asam pada masakan.

3. KENCUR

Biasanya bumbu dapur ini diramu untuk membuat jamu yang di jual oleh pedagang jamu keliling, selain dapat menghangatkan tubuh, kencur juga dapat meredakan sakit kepala, batuk dan flu, masuk angin, diare, dan dapat pula mencegah batu ginjal

4. PEPAYA

Bukan hanya buahnya yang bermanfaat dan dapat di makan, namun daunnya pun dapat di jadikan sayur dan bermanfaat juga untuk mengobati demam berdarah, getah putihnya dapat digunakan sebagai anti kanker, bisa mengontrol tekanan darah dan sebagainya.

5. JAMBU BIJI

Jambu biji mempunyai banyak kandungan seperti serat, vitamin, kalium dan antioksidan yang dapat menyembuhkan penyakit seperti menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, menekan tensi dan kerusakan organ tubuh akibat radikal bebas.

6 KAYU MANIS

Bumbu dapur satu ini dapat menambah aroma masakan yang dapat membangkitkan selera makan, selain itu jika di campur dengan madu dapat membuat minuman herbal yang sangat sedap.

Kandungan dari kayu manis dapat mencegah kanker, menghilangkan perut kembung, mengurangi rematik, mencegah sakit jantung dan mengobati saluran pernafasan.

7. JAHE

Tidak hanya untuk menghangatkan tubuh, tanaman herbal dan bumbu dapur ini juga bermanfaat untuk menghilangkan nyeri saat menstruasi, mengatasi diare, dan meredakan nyeri otot, nyeri dada begitu juga sakit pungguh bagian bawah.

8. KUMIS KUCING

Anda pasti belum tau bahwa tanaman herbal berbunga ini berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes, asam urat,hipertensi, dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ ginjal.

9. LIDAH BUAYA

Jika lidah buaya Anda ramu untuk di minum,maka akan membuat sistem pencernaan Anda menjadi lancar, dan tentunya Anda sudah mengetahui bahwa ekstrak lidah buaya dapat membuat wajah menjadi halus dan lembut, dan jika di gunakan untuk rambut dapat membuat rambut lebih kuat dan bercahaya.

Jadi bila Anda sudah memiliki tanaman tersebut di atas maka Anda dapat meraciknya untuk digunakan sebagai obat herbal, yukkk yang belum memilki tanaman tersebut diatas, segeralah menanam selain untuk mempercantik pekarangan rumah Anda, bermanfaat juga untuk kesehatan Anda

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar