Skip to main content

8 MANFAAT DAUN KEMANGI BAGI KESEHATAN


Nah pasti Anda sudah mengetahui apa itu daun kemangi?? karena bagi masyarakat, daun kemangi dikonsumsi sebagai lalapan.

Banyak Orang tidak menyangka, bahwa banyak sekali manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh. Daun kemangi secara empiris telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berikut 8 manfaat daun kemangi bagi kesehatan yang belum Anda ketahui :

1. MENAMBAH NAFSU MAKAN

Wajar bila daun kemangi banyak dikonsumsi sebagai campuran masakan, karena aroma wanginya mengundang selera makan. Nah nafsu makan Anda pasti akan meningkat dan membuat makan menjadi lahap dengan aroma daun kemangi yang khas.

2. MENGHILANGKAN BAU BADAN DAN BAU MULUT

Anda bisa memakan atau meminum perasan air daun kemangi secara rutin setiap hari, dengan begitu bau badan dan bau mulut pasti akan hilang.

3. MENYEHATKAN KULIT

Minyak daun kemangi dapat membantu membersihkan kulit dari dalam, dan sangat cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak, sehingga dapat menghilangkan kulit berminyak dan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Sifat antimikroba dan anti inflamasinya dapat mencegah pembentukan jerawat juga lho.

4. OBAT ANTI PENUAAN

Kerusakan radikal bebas pada otak dan kulit bisa menjadi penyebab utama penuaan, sehingga antioksidan yang dimiliki daun kemangi dapat membantu mengurangi efek dari sel radikal bebas dan dapat mencegah tubuh dan pikiran dari stress oksidatif yang bertahan lama.

5. MENGATASI PERMASALAHAN PERUT

Para ahli telah membuktikan bahwa daun kemangi mempunyai manfaat mengobati maag, perut kembung, masuk angin, hingga mengatasi kejang. Selain itu manfaat lainnya juga dapat mengatasi muntah, demam, infeksi usus, masalah pencernaan, hingga radang lambung.

6. MENCEGAH KEMANDULAN

Daun kemangi memiliki kandungan zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membuat ereksi menjadi lebih mudah, dan senyawa argininenya sudah terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma sekaligus mencegah kemandulan.

Jadi jika Anda berencana untuk memiliki atau menambah keturutan sebaiknya konsumsilah daun kemangi karena dapat membantu kesehatan reproduksi Anda.

7. MENYEHATKAN JANTUNG

Manfaat daun kemangi lainnya adalah dapat menyehatkan jantung, karena kaya akan beta karoten dan magnesium, kedua tersebut adalah mineral yang sangat penting untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

Selain berolahraga secara rutin dan menjaga pola makan yang sehat, mengkonsumsi daun kemangi secara berkala juga mampu dipercaya dapat memperkuat jantung Anda.

8. MENGOBATI LUKA INFEKSI

Sifat antibakteri yang terdapat pada daun kemangi, dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit, dengan menggunakan daun kemangi dapat membantu orang-orang yang mengalami eksim pada kulit.

Demikian 8 manfaat daun kemangi yang belum diketahui banyak orang, dengan begitu apa Anda masih tidak suka mengkonsumsi daun kemangi??

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar