Skip to main content

8 JENIS PENYAKIT KULIT YANG PERLU DI KETAHUI


Kulit  adalah bagian tubuh yang sangat penting dan bertugas untuk melindungi bagian tubuh dari luar seperti bakteri, virus, dan mengatur perubahan suhu.

Dan banyak sekali terdapat berbagai jenis kulit, dari yang ringan hingga yang berbahaya dan juga  dapat mengancam nyawa Anda.

Timbulnya penyakit kulit bisa terjadi akibat kesalahan penderitanya sendiri, misalnya kurang menjaga kebersihan dan kesehatan dengan baik atau tidak memperhatikan kondisi kulitnya.

Berikut 8 jenis penyakit kulit yang perlu Anda ketahui antara lain :

1. KUDIS

Orang yang terkena penyakit kudis biasanya terjangkit jika Anda tinggal ditempat kumuh serta tidak melindungi kebersihan tubuhnya.

Dan ini adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit tungau, ciri-ciri terkena kudis yaitu rasa gatal yang hebat saat menjelang malam, terlebih di bawah ketiak, disela-sela kaki, tangan, alat kelamin dan lain sebagainya. Penyakit ini mudah menular lho.

2. KURAP

Gejala dari penyakit kurap biasanya timbul lingkaran-lingkaran yang bersisik, lembab, bercak putih dan disertai rasa gatal, dan kurap timbul karena infeksi jamur yang disebabkan kurangnya menjaga kesehatan kulit.

Penyakit ini biasanya menyerang leher, tengkuk dan kulit kepala.

3. JERAWAT

Pori-pori kulit terhubung ke kelenjar oleh kanal yang biasa disebut folikel, ketika folikel dari kelenjar kulit tersumbat, maka kulit beresiko menimbulkan jerawat.

Sekitar 80% orang mengalami penyakit kulit ini, jerawat disebabkan karena masalah pada kelenjar minyak kulit.

4. BISUL

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit melalui folikel rambut, kelenjar keringat, kelenjar minyak, sehingga menyebabkan infeksi lokal.

Bisul lebih sering muncul di bagian tubuh yang lembab seperti leher, ketiak,paha, sela pantat, hingga kepala, dan faktor yang menyebabkan timbulnya bisul diantaranya luka yang terinfeksi, kosmetik yang menyumbat pori-pori, kebersihan yang buruk dan lain sebagainya.

5. HERPES

Munculnya penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya ruam tidak rata dan berukuran kecil yang akhirnya melepuh, penderitanya biasanya merasakan perih dan gatal serta membuat kulit menjadi lebih sensitif.

6. SELULITIS

Penyakit ini membuat kulit menjadi merah, bengkak, terasa panas, menyakitkan, dan terasa lembut bila disentuh. Selulitis adalah infeksi bakteri dilapisan kulit terdalam yang dapat berkembang dengan cepat keseluruh tubuh, dan penyakit ini adalah salah satu penyakit kulit yang beresiko mengancam jiwa bila infeksi kulit yang parah.

7. MELANOMA

Ini adalah penyakit kanker kulit berbahaya yang dapat pula mengakibatkan kematian bila tidak segera diobati, akan lebih beresiko bila nampak pada leher atau kulit kepala.

8. EKSIM

Tanda munculnya penyakit ini yang utama adalah rasa gatal yang berlebihan pada kulit hingga bersisik, pecah-pecah, kulit memerah, hingga munculnya gelembung-gelembung kecil yang mengandung nanah ataupun air.

Penyakit eksim terjadi dikarenakan alergi rangsangan zat kimia spesifik seperti sabun, detergen, obat-obatan dan juga kosmetik. Eksim kebanyakan menyerang orang yang memiliki kecenderungan alergi.

Itulah beberapa jenis penyakit kulit yag perlu diketahui dan diwaspadai, segeralah periksakan kedokter penyakit tersebut bila Anda mengalaminya.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar