Skip to main content

8 CARA MELANCARKAN HAID AGAR TERATUR



Haid atau menstruasi atau datang bulan adalah siklus pendarahan periodik yang dialami para wanita setiap bulannya, darah dari rahim akan keluar saat tidak ada pembuahan terhadap sel telur.

Namun banyak juga para wanita yang mengalami siklus haid yang tidak lancar, contohnya jika Anda baru haid setelah 2- 3 bulan terhitung dari haid terakhir, menjadi normal jika Anda positif hamil. Tapi jika tidak hamil?? dikhawatirkan ada permasalahan ketidakseimbangan hormon progesteron dan estrogen.

Jika haid Anda tidak lancar, jangan panik cobalah 8 cara melancarkan haid secara teratur :

1. JANGAN STRESS

Rasa stress pada diri Anda, sedikit banyak sangat mempengaruhi menstruasi Anda karena ketika Anda stress promosi hormon kortisol menjadi berlebihan sehingga dapat berpengaruh terhadap hormon hypothalamus ( hormon pengatur siklus haid )

Kelolalah stress Anda sebaik mungkinagar tidak berlaur-larut agar haid Anda dapat lancar secara teratur, namun jika stress lah yang membuat hadi Anda tidak teratur.

2. OLAHRAGA 

Jogging, berenang dan olahraga ringan lainnya juga baik untuk melancarkan haid, karena orahraga secara teratur dapat melancarkan peredaran darah sehingga siklus menstruasi akan kembali normal setelah Anda runtin melakukan olahraga tersebut.

Namun jangan berlebihan berolahraga karena jika berlebihan akan memperparah siklus haid, olahragalah sewajarnya namun rutin dilakukan.

3. MINUMAN TRADISIONAL

Konsumsilah ramuan tradisional, karena minuman ini terbukti berkhasiat untuk melancarkan haid.

Minuman tradisional seperti kunyit, daun pepaya, jahe, wortel, air kelapa hijau, dan daun bidara, nah  minumlah ramuan tradisional tersebut secara teratur untuk memperlancar haid Anda.

4. MANDI AIR HANGAT

Dengan mandi air hangat, dinilai efektif untuk memberikan sensasi releks pada diri Anda. Cranya basuhlah tubuh Anda dengan air hangat atau berendamlah dengan air hangat kurang lebih 30 menit.

5. KONSUMSI VITAMIN D

Vitamin D didapatkan dari sinar matahari pagi, dengan berjemur dipagi hari jam 7:00-07:45 dapat membantu penyerapan kalsium dalam usus untuk kesehatan tulang dan dan dapat membantu mengatur ovulasi agar teratur kembali.

Selain itu dengan mengkonsumsi makanan  dan minuman seperti, produk susu, tuna, salmon, dan juga makanan yang mengandung vitamin D lainnya juga dapat nenperbaiki siklus haid Anda agar teratur.

6. MENJAGA BERAT BADAN

Berat badan yang ideal, menjadi cara terbaik untuk memperlancar haid tiap bulannya, mulalilah dengan makan sehat dan olahraga yang teratur agar berat badan Anda menjadi ideal.

7. JANGAN MENGKONSUMSI KAFEIN

Jika Anda mengkonsumsi kafein terlalu berlebihan, dapat mengganggu keseimbang hormon yang menjadikan tidak lancarnya haid. Jadi hindarilah untuk mengkonsumsi kafein berlebih.

8. JAUHI AKTIFITAS YANG BERAT

Salah satu penyebab siklus haid menjadi tidak lancar adalah karena Anda melakukan aktifitas yang sangat berat, karena aktifitas berat dan padat dapat membuat tubuh Anda menjadi kelelahan dan haid pun menjadi tidak lancar.

Untuk lebih pastinya kenapa haid Anda tidak teratur, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda, agar haid dapat teratur kembali.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar