Skip to main content

7 MANFAAT PETAI BAGI TUBUH


Ciri khas dari petai adalah aromanya yang khas, petai dapat di hidangkan dengan berbagai macam jenis masakan, bisa dijadikan lalap, di goreng bahkan di bakar.

Dibalik aromanya yang membuat sebagian orang merasa tak nyaman, namun ternyata petai memiliki kandungan yang baik bagi tubuh lho.

Apa saja 7 manfaat petai bagi kesehatan tubuh antara lain :

1. MENGATASI MUAL

Petai memiliki efek antasida yang dapat mengatasi mual dan muntah yang diakibatkan karena terlalu banyak makan, selain itu juga dapat mengatasi rasa sesak dan rasa sakit pada perut.

Makanlah petai disela waktu makan, maka dapat membuat kadar glukosa darah naik dan mencegah mual dipagi hari pada wanita.

2. MENGATASI MABUK

Jika Anda meminum minuman keras hingga mabuk, gunakan petai untuk menghilangkan mabuk Anda. Buatlah minuman dari petai yang di tambah dengan madu dan susu, nah petai akan menenangkan perut, sedangkan madunya dapat meningkatkan kadar gula darah menjadi turun, dan susunya akan memperbaiki kadar cairan dalam tubuh. Aroma dari petailah yang membuat Anda akan tersadar dari mabuknya.

3. MENGATASI DEPRESI

Kandungan yang terkandung dalam petai yaitu triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Nah kandungan tersebutlah yang dapat membuat Anda menjadi rileks dan dapat memperbaiki mood sehingga dapat membuat Anda menjadi bahagia.

4. MENETRALKAN EMOSI

Efek dari kandungan triptofan pada petai secara bilogis membentuk serotonin, zat neurotransmiternya di otaklah yang dapat membuat Anda lebih rileks dan berkaitan dengan rasa mengantuk, jadi baik digunakan untuk Anda yang terkena depresi ringan juga.

5. MENGATASI MASALAH PENCERNAAN

Petai juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat mempermudah buang air besar, dan menormalkan kembali masalah pencernaan sehingga sembelitpun tidak akan datang pada tubuh Anda.

6. MENURUNKAN TEKANAN DARAH

Manfaat petai selanjutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dengan kandungan kadar kalium yang tinggi, tapi rendah garam atau natriumnya dapat pula menghindari Anda dari penyakit stroke.

7. MENGATASI ANEMIA

Anemia dapat terjadi dikarenakan tubuh tidak memiliki cukup zat besi yang cukup dalam aliran darah, sehingga seluruh tubuh tidak mendapatkan jumlah oksigen yang di butuhkan. Nah disinilah manfaat Petai dapat merangsang produksi sel darah merah, sehingga manfaat petai dapat mengatasi anemia.

Konsumsilah petai secara cukup dan tidak berlebih dikarenakan penelitian tentang manfaat petai sebagai obat herbal masih sangat sedikit. Jika Anda masih mengalami penyakit yang berlarut-larut sebaiknya segeralah Anda periksakan ke dokter.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar