Skip to main content

7 MANFAAT NAIK TURUN TANGGA BAGI KESEHATAN


Bila Anda tidak mempunyai waktu ataupun malas berolahraga, ada salah satu cara untuk menyiasatinya yaitu dengan membiasakan diri naik turun tangga.

Karena berdasarkan hasil penelitian, bila Anda sering naik turun tangga setiap hari dapat memperoleh manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Ini adalah salah satu olahraga yang dapat membakar kalori dan sangat mudah dilakukan, namun walaupun mudah, kebanyakan orang masih  malas untuk naik turun tangga, Mereka hanya mau menggunakan eskalator ataupun naik lift.

Yuk mari disimak apa saja 7 manfaat naik turun tangga bagi kesehatan :

1. OTOT DAN TULANG MENJADI KUAT

Manfaat naik turun tangga dapat membuat sistem otot dan tulang yang ada di dalam tubuh ikut bergerak secara aktif, sehingga saat pergerakan otot dan tulang meningkat maka resiko osteoporosis akan menurun.

Disaat yang bersamaan maka sistem metabolisme tubuh pun akan meningkat, kemudian kalori akan terbakar semakin banyak.


2. KESEHATAN JANTUNG TERJAGA

Penelitian sudah membuktikan bahwa bila Anda naik turun tangga setiap hari, dapat menjaga kondisi yang optimal dikarenakan olahraga ini membuat aliran darah yang membawa oksigen ke jantung berjalan dengan lancar.

3. TERHINDAR DARI STROKE

Dengan membiasakan diri naik turun tangga sebanyak 3-6 kali dalam seminggu, bisa menurunkan resiko terkena penyakit stroke dalam jangka panjang. Jadi biasakan diri Anda untuk naik turun tangga agar terhindar dari penyakit ini.

4. ENERGI MENINGKAT

Naik turun tangga dapat membuat Anda lebih bersemangat lagi dalam bekerja, karena dapat menghilangkan rasa kantuk dan energi menjadi meningkat dalam bekerja.

5. BERAT BADAN DAPAT MENURUN

Sudah terbukti dengan naik turun tangga dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, sehingga cadangan lemak dalam tubuh pun akan berkurang dan efek inilah yang membuat naik turun tangga dapat menurunkan berat badan Anda, selain itu juga dapat membuat tubuh Anda menjadi fit dan lebih bertenaga.

6. MENYEHATKAN OTAK

Orang yang sering berolahraga dengan naik turun tangga secara rutin dapat terhindar dari kepikunan, serta memiliki konsentrasi dan daya ingat yang jauh lebih baik.

7. MENGONTROL GULA DARAH

Orang yang terkena penyakit diabetes juga harus mempunyai kebiasaan naik turun tangga, karena dengan begitu otot rangka akan bergerak aktif dan menggunakan gula sebagai energinya, sehingga dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh agar menjadi stabil.

Oleh karena itu mulai sekarang, biasakanlah untuk naik turun tangga karena manfaat kesehatan yang di dapat sangat banyak.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar