Skip to main content

7 MANFAAT HEBAT DARI JERUK NIPIS


Pasti semua orang tahu, apa itu jeruk nipis?? nah jeruk nipis biasanya digunakan sebagai pelengkap rasa masakan sekaligus sebagai penambah cita rasa pada berbagai makanan.

Aroma dan rasanya yang asam tapi juga segar, menjadikan air perasan jeruk nipis sering digunakan untuk penghilang bau amis ikan yang belum diolah.

Namun banyak juga Orang yang tidak mengetahui bahwa jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Yuk apa saja 7 manfaat hebat dari jeruk nipis :

1. MENINGKATKAN IMUN TUBUH

Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan dan juga vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh lho, dengan begitu dapat membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit seperti flu, batuk, pilek dan lainnya. Selain itu vitamin C  nya mampu meningkatkan produksi sel sehat yang dapat membunuh mikroba penyebab penyakit.

2. SEBAGAI OBAT DIET ALAMI

Dalam kandungan asam nitrat pada jeruk nipis juga dapat meningkatkan metabolisme yang dapat membantu Anda membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

Tapi tidak hanya minum jeruk nipis aja yah, harus diimbangin dengan olahraga yang teratur agar kalori yang terbakar bisa lebih banyak lagi.

3. MENURUNKAN RESIKO TERKENA KANKER

Sudah terbukti bahwa jeruk nipis diyakini mampu menurunkan resiko terkena kanker, karena berkat kandungan antioksidannya dapat membantu menjaga fungsi sel dan juga dapat meningkatkan pertahanan sel-sel tubuh dari radikal bebas.

4. MENCEGAH DEHIDRASI

Dengan mengkonsumsi perasan air jeruk, dapat membuat Anda terhindar dari dehidrasi, hal tersebut dikarenakan rasa asam dan segar dari minuman ini tentu akan membuat Anda minum lebih banyak daripada minum air putih yang tidak ada rasa.

5. MENJAGA KADAR GULA DARAH

Jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah, sehingga dapat membantu Anda mengurangi penyerapan gula kedalam darah, jadi kadar gula didalam darah dapat terkontrol dan terjaga.

Jeruk nipis ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

6. MEMBANTU MEREMAJAKAN KULIT

Nah disini jeruk nippis juga bermanfaat untuk meremajakan kulit lho, karena kandungan flavonoid, vitamin C dan antioksidannya dapat memperkuat kolagen.

Namun jangan pernah menggunakan jeruk nipis dan mengoleskannya ke kulit, karena jika terpapar dengan sinar matahari langsung dapat menyebabkan phytophotodermatitis ( mengakibatkan kulit terbakar atau mengalami peradangan saat terpapar sinar matahari ).

7. MENGURANGI RESIKO PENYAKIT JANTUNG

Selain itu manfaat lainnya dari jeruk nipis adalah dapat mengurangi resiko penyakit jantung, dengan kandungan magnesium dan kaliumnya berfungsi menurunkan tekanan darah secara alami dan berfungsi juga untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Nah sekarang Anda sudah mengetahui berbagai macam manfaat dari jeruk nipis, jadi bil aAnda ingin mengkonsumsinya, konsumsilah sesuai takaran dan jika Anda memiliki penyakit yang mengganggu kesehatan, sebaiknya segeralah periksakan ke dokter.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar